Dark/Light Mode

Kembangkan Industri Otomotif

Subsidi Kendaraan Listrik Untuk Produk Lokal Saja

Selasa, 6 Desember 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi VII DPR Mulyanto. (Foto: DPR)
Anggota Komisi VII DPR Mulyanto. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan menyarankan Pemerintah mensubsidi pembelian kendaraan listrik produk lokal seperti Esemka, daripada motor listrik buatan luar negeri. Sebab, subsidi yang disalurkan akan bermanfaat bagi pengembangan industri otomotif dalam negeri.

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto menilai, mobil lis­trik buatan Esemka merupakan barang bagus dan asli karya anak bangsa. Terlebih, mobil ini diperkenalkan dan dipromosikan langsung oleh Presiden Jokowi.

“Masyarakat akan menyam­but baik usul pemberian sub­sidi pembelian mobil listrik ini, dan akan berbondong-bondong memenuhi dealer penjualan mobil Esemka di mana pun berada,” ujar Mulyanto dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Jokowi Targetkan RI Jadi Raja Baterai Kendaraan Listrik

Mulyanto mengenang, dulu saja tanpa ada subsidi, pesanan Esemka sudah mencapai 60 ribu unit. Apalagi nanti bila sudah diberi subsidi, diperkirakan jumlah pesanannya bisa sampai tiga atau empat kali lipat.

Politikus PKS ini optimistis, subsidi pembelian mobil lis­trik Esemka akan berdampak baik kepada pertumbuhan ekonomi nasional. Karena, semakin banyak subsidi, akan semakin banyak orang pesan mobil Esemka, serta makin banyak pula tenaga kerja yang terserap. Hal Ini akan menjadi momentum kebangkitan industri otomotif nasional.

“Sebagai anak bangsa, semua orang pasti akan mendukung, Malaysia dan Vietnam saja bakal mental melihat perkembangan ini,” kata dia.

Baca juga : Tiran Indonesia Sebar Logistik Untuk Korban Gempa Cianjur

Mulyanto menilai, pemberian subsidi motor dan mobil listrik sebenarnya hanya menguntung­kan pihak pengusaha. Sedangkan masyarakat kecil tidak mendapat keuntungan apa-apa.

“Pemerintah jangan terlalu banyak obral janji soal sub­sidi kendaraan listrik, mengingat anggaran negara sedang tidak baik-baik saja,” kritiknya.

Mulyanto menyarankan Pemerintah sebaiknya mensub­sidi hal lain yang lebih penting daripada mensubsidi pembelian motor dan mobil listrik. Seperti, fokus membangun ekosistem green energy, termasuk men­subsidi penyediaan sarana dan prasarana umum berbasis green energy.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.