Dark/Light Mode

Siapa King Maker Sesungguhnya?

Kartu Ketum Parpol Dipegang Jokowi

Rabu, 21 Desember 2022 08:00 WIB
Presiden Jokowi saat berjalan bersama tujuh ketua umum partai politik di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi saat berjalan bersama tujuh ketua umum partai politik di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).

RM.id  Rakyat Merdeka - Empat ketua umum parpol diprediksi bakal jadi king maker di Pemilihan Presiden 2024. Mereka adalah Megawati Soekarnoputri (PDIP) Prabowo Subianto (Gerindra), Airlangga Hartarto (Golkar) dan Surya Paloh (NasDem). Meski demikian, keempat ketum parpol itu tak bisa begitu saja menentukan, karena kartu trup mereka sudah dipegang Presiden Jokowi. Jadi, Jokowi lah the real king maker itu. Setuju?

Mencuatnya 4 king maker untuk Pilpes 2024 itu berdasarkan survei teranyar yang dilakukan LSI Denny JA. Survei dilakukan pada 10-19 Oktober 2022 lewat riset kuantitatif terhadap 1.200 responden di 34 Provinsi di Indonesia secara tatap muka dengan margin of error sebesar +/- 2.9 persen.  

Sementara riset kualitatif di bulan Desember 2022 dilakukan dengan analis media, focus group discussion (FGD) dan indepth interview.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 21 Desember, Hadir Di 5 Lokasi

“LSI Denny JA mencatat tumbuhnya empat king maker yang akan menentukan maksimal tiga pasang capres,” demikian dikutip dari rilis LSI Denny JA, kemarin.

Penentuan king maker oleh LSI Denny JA ini didasarkan pada sejumlah variabel. Megawati misalnya, punya hak penuh untuk menentukan capres dan cawapres yang akan diusung. Mengingat suara PDIP sebesar 22,6 persen atau 128 kursi di DPR, sudah cukup untuk mengusung capres-cawapres tanpa harus berkoalisi.

Lalu Airlangga. Ketua Umum Golkar ini telah membentuk poros koalisi dengan PPP dan PAN. Ketiga partai telah memenuhi syarat pencalonan dengan total 148 kursi.

Baca juga : Teruskan Legacy Atau Jadi Antitesa Jokowi?

Sementara Prabowo merupakan satu-satunya ketum parpol yang namanya selalu masuk di tiga besar kandidat capres dalam sejumlah hasil survei. Partainyapun telah berkoalisi dengan PKB.

Sedangkan Surya Paloh sudah maju jalan. Ia langsung mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres dan membawa keliling mantan Gubernur DKI Jakarta itu keliling Indonesia.

Namun teman koalisinya yakni Demokrat dan PKS, masih menggantung. Namun, bila koalisi itu berhasil terwujud, maka Paloh akan jadi king maker dalam menentukan paslon di Pilpres 2024, selain Mega, Prabowo dan Airlangga.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 18 Desember, Hadir Di 2 Lokasi

“Dengan komposisi di atas, paling banyak hanya mungkin tiga pasangan capres karena PDIP sepertinya mustahil tidak berkoalisi dengan partai lain,” lanjut keterangan LSI Denny JA.

Meskipun sebagai king maker, menurut Peneiti LSI Denny JA, Fitri Hari, keempat ketum parpol tersebut sebetulnya masih dilematis. Tidak semulus yang diperkirakan dalam membuat seseorang jadi raja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.