Dark/Light Mode

Gelar Pelatihan Menyulam

Ganjar Milenial Harap Sulam Bisa Lestari Dan Ekonomi Meningkat

Kamis, 29 Desember 2022 05:47 WIB
Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Provinsi Jambi menggelar kegiatan pelatihan inovasi pembuatan Strimin Sulam bagi kaum milenial dan masyarakat di Kelurahan Jaya Setia, Kecamatan Pasar Muaro Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Rabu (28/12). (Foto: Ist)
Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Provinsi Jambi menggelar kegiatan pelatihan inovasi pembuatan Strimin Sulam bagi kaum milenial dan masyarakat di Kelurahan Jaya Setia, Kecamatan Pasar Muaro Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, Rabu (28/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Provinsi Jambi menggelar kegiatan pelatihan inovasi pembuatan Strimin Sulam bagi kaum milenial dan masyarakat di Kelurahan Jaya Setia, Kecamatan Pasar Muaro Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Kegiatan ini dalam rangka pemberdayaan masyarakat, khususnya kaum milenial. Mereka diharapkan bisa menyulam dan membuat inovasi dalam menyulam. 

"Tentunya kemampuan menyulam ini bisa memberikan peluang usaha, membuka lowongan pekerjaan. Tentunya, bisa menambah penghasilan. Hal ini sangat bagus," kata Koordinator GMC Kab. Bungo, Imam Badawi dalam keterangannya, Rabu (28/12). 

Baca juga : Ganjar Milenial Gotong Royong Lestarikan Kawasan Ekowisata Bamboe Wanadesa

Menurut Imam, tujuan pelatihan keterampilan menyulam ini adalah mempertahankan ketrampilan menyulam itu sendiri. Sebab, saat ini jumlah orang yang tahu dan bisa melakukan ketrampilan menyulam terus berkurang. 

Padahal, nilai budaya yang terkadung apabila menyulam dengan cara tradisional lebih berharga dan hasilnya pun lebiih bagus.

"Kita bangun ekonomi dari desa dengan produk lokal dan memotivasi kaum milenial untuk terus berinovasi," tegasnya. 

Baca juga : Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Hasil Tangkap Dan Sosialisasi Keselamatan Berlayar

Pelatihan ketrampilan menyulam diawali dengan sosialisasi pentingnya meningkatkan kreativitas khususnya bagi masyarakat, khususnya. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan alat dan bahan yang dibutuhkan, serta praktek langsung menyulam.

Salah satu peserta, Mutia mengapresiasi kegiatan pemberdayaan masyarakat ini. Ia berharap kegiatan ini bisa terus belanjut hinngga produk hasil penyulaman bisa di pasarkan kepada masyarakat. 

GMC Jambi sendiri telah siap membantu mempromosikan produk hasil dari penyulaman masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.