Dark/Light Mode

Jelang Nataru, Ganjar Ajak Masyarakat Tunjukkan Toleransi Beragama

Selasa, 13 Desember 2022 12:18 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak lama lagi momentum natal dan tahun baru (nataru) tiba. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo pun mengajak masyarakat untuk menunjukkan toleransi beragama.

"Tentu saya mengajak seluruh masyarakat perayaan natal besok, kita bisa saling menghormati agama apapun, kalau bisa justru kita turut bergembira ria," kata Ganjar di Gedung Bhakti Praja, Kota Semarang, Jateng, Selasa (13/12).

Baca juga : Translate Aksara Jawa Menggunakan Aplikasi Bagaskara

Ganjar mengatakan, setiap masyarakat yang beribadah mesti dihormati. Apabila ada perayaan agama tertentu, Ganjar menyebut seluruh masyarakat bisa turut bersuka cita tanpa perlu mengikuti ibadahnya.

"Yang ritual, mereka beribadah kita hormati, kita turut merayakan dengan ikut bersuka ria meskipun tentu saja tidak ikut ibadahnya. Dengan cara itu, menghormatinya bisa kita tunjukkan. Insya Allah nanti kita akan komunikasi lagi dengan banyak pihak," kata Ganjar.

Baca juga : Rayakan Natal, Dubes Heri Ajak WNI Di Jepang Rawat Keberagaman

Ganjar berharap akan selalu ada cerita bahagia dalam setiap perayaan nataru di Indonesia. Oleh sebab itu, Ganjar meminta partisipasi masyarakat untuk mengimplementasikan semboyan Bhineka Tungkal Ika.

"Maka kita betul-betul butuh partisipasi dengan masyarakat, saling menghargai, menghormati itu ada dalam perbedaan-perbedaan yang mesti kita rawat ini," kata Ganjar. 

Baca juga : Dukung Jadi Presiden 2024, Santri Di Banyuasin Sebut Ganjar Bisa Bawa Moderasi Beragama

Di sisi lain, Ganjar menjelaskan persiapan untuk momentum libur nataru telah dilakukan mulai minggu ini. Ganjar mengatakan, pihaknya telah melaksanakan rapat dengan Forkopimda dan memantau harga beserta pasokan pangan.

"Maka setiap Senin kenapa kita selalu rapat soal inflasi dengan pemerintah pusat. Yang kedua tentu traffic management yang kita siapkan, termasuk alat-alat transportasi yang ada. Yang ketiga tentu pariwisata," kata Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.