Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hasil Musra XIII Jatim Ketat

Ganjar Capres Teratas, Mahfud Cawapres Tertinggi Dari Tokoh NU

Rabu, 18 Januari 2023 16:14 WIB
Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat konferensi pers pengumuman hasil Musra XIII Jawa Timur di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (18/1). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat konferensi pers pengumuman hasil Musra XIII Jawa Timur di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (18/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia relawan Joko Widodo (Jokowi) terus berlanjut. Teranyar, Musra XIII Jawa Timur telah selesai dilaksanakan di Grand City Hall, Surabaya, Minggu (15/12). Nama-nama sosok pemimpin nasional yang menjadi usulan relawan dan rakyat pun semakin mengerucut.

Untuk calon presiden (capres), masih nangkring nama Ganjar Pranowo di posisi puncak bersama Prabowo Subianto. Sementara itu, banyak tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Jatim yang masuk dalam bursa capres maupun cawapres. Di antaranya, Mahfud MD, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar dan tokoh Jatim lainnya.

Mahfud MD yang kini jadi pilihan relawan Jokowi di setiap gelaran Musra terpilih sebagai tokoh NU paling tinggi sebagai cawapres di Musra Jatim.

"Pak Mahfud MD dalam sekian Musra selalu di posisi atas pilihan rakyat dan relawan Jokowi sebagai cawapres. Di Jatim, kandangnya beliau dan nahdliyin, beliau di dua besar teratas mengalahkan tokoh NU lainnya," kata Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat konferensi pers pengumuman hasil Musra XIII Jatim di FX Sudirman, Jakarta, Kamis (18/1).

Baca juga : Musra XIII Surabaya, Nama Ganjar Dan Mahfud Menggema

Dipaparkan Andi Gani, untuk cawapres Musra Jatim, Moeldoko berada di posisi puncak dengan raihan 24,72 persen. Disusul merangsek di posisi kedua Mahfud MD dengan 20,08 persen, Khofifah Indar Parawansa 14,51 persen, Arsjad Rasjid 6,92 persen, Sandiaga Uno 5,67 persen, Erick Thohir 5,37 persen, Yenny Wahid 5,23 persen, Muhaimin Iskandar 5,05 persen, Tri Risma Harini 481 persen, Abdullah Azwar Anas 4,72 persen, dan lainnya 2,92 persen.

"Menarik di Jatim ini, hampir semuanya yang masuk tokoh nasional yang mengakar dari daerah ini. Khususnya yang berlatar Nahdlatul Ulama. Ada Pak Mahfud, Bu Khofifah, Pak Muhaimin, juga Mbak Yenny Wahid," kata Andi Gani.

Sementara untuk capres, Ganjar Pranowo posisi teratas dipilih oleh 24,91 persen peserta Musra Jatim. Disusul Prabowo Subianto 22,17 persen, Airlangga Hartarto 17,31 persen, Moeldoko 14,56 persen, Mahfud MD 8,34 persen, Khofifah Indar Parawansa 2,48 persen, Puan Maharani 2,26 persen, Anies Baswedan 1,94 persen, Tri Risma Harini 1,80 persen, Andika Perkasa 1,65 persen, dan lainnya 2,58 persen.

"Mas Ganjar, Pak Prabowo, Pak Airlangga menempati tiga besar Musra Jatim. Sangat ketat. Hanya terpaut sedikit. Jatim memang jadi barometer dan saya kira pertarungan Pilpres nanti di sini juga akan ketat," tambahnya.

Baca juga : Imin Talak Prabowo

Andi Gani mengapresiasi antusiasme 6.000-an relawan dan masyarakat Jatim yang hadir membanjiri arena. Andi menambahkan, seluruh hasil Musra, sejauh ini sudah disampaikan ke Jokowi. Nantinya, saat puncak Musra yang diperkirakan digelar Maret dan dihadiri Presiden Jokowi, tiga besar capres-cawapres akan diumumkan.

"Capres-cawapres ini nantinya akan kami laporkan ke Presiden Jokowi. Sejauh ini sepanjang Musra 3 besar capres ada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga Uno, dan Arsjad Rasjid juga Pak Moeldoko dan Pak Erick," ungkapnya.

Ketua Panitia Nasional Musra Indonesia Panel Barus menyebut, Musra yang sudah menapaki putaran ke-13 ini ingin menghadirkan demokrasi yang berkualitas. Karena tidak hanya tokoh, relawan juga membahas agenda penting bangsa, seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan.

Dia menyatakan, Musra di Jatim membahas banyak agenda harapan rakyat. Yang pertama, isu pemenuhan dan perlindungan dasar pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan paling mengemuka. Isu kedua, persatuan nasional dan mencegah intoleransi. Ketiga, terkait pemerintahan bersih dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Baca juga : Mahfud Kembali Juara 1 Cawapres Relawan Jokowi

"Agenda berikutnya, 22 Januari di Banjarmasin, Yogyakarta 29 Januari, Jateng 4 Februari, 11 Febuari Medan. Kemudian di Jakarta Maret pas penutupan. Kita akan serahkan tiga nama Capres-cawapres ke Pak Jokowi," tuturnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.