Dark/Light Mode

Srikandi Ganjar Kalteng Dan Perempuan Milenial Belajar Membuat Oleh-Oleh Khas Barsel

Kamis, 26 Januari 2023 17:53 WIB
Srikandi Ganjar Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelatihan dan kegiatan membuat oleh-oleh atau buah tangan khas daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel). (Foto: Ist)
Srikandi Ganjar Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pelatihan dan kegiatan membuat oleh-oleh atau buah tangan khas daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Srikandi Ganjar Kalimantan Tengah (Kalteng) berusaha untuk menyejahterakan kaum muda dengan menggelar pelatihan dan kegiatan yang inovatif.

Para perempuan muda pendukung Ganjar Pranowo itu pun mengajak milenial setempat untuk belajar membuat oleh-oleh atau buah tangan khas daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Kalteng Refa Asmianur mengatakan dalam kegiatan itu mereka juga melibatkan UMKM Barsel Mama Via yang memang terkenal di daerah tersebut.

"Kami mengadakan agenda belajar dan mengenal oleh-oleh khas Barsel," ujar Refa dalam siaran persnya, Kamis (26/1).

Baca juga : Srikandi Ganjar Lampung Ajak Perempuan Milenial Hidup Sehat

Menurut dia, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan mereka dalam pengembangan UMKM yang ada di Kalteng, khususnya di Kabupaten Barito Selatan.

"UMKM Mama Via ini lumayan terkenal di Barsel dan seluruh Kalteng," ujar dia.

Adapun dagangan yang dijual UMKM Mama Via berupa makanan ringan khas Kalteng. 

Namun, kebanyakan bahan makanan tersebut berasal dari Barsel dan asli dari wilayah itu.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gandeng PMI Lebak Untuk Gelar Donor Darah

"Banyak orang yang berkunjung ke Barsel pasti membeli oleh-oleh tersebut untuk dibawa pulang. Makanan yang dijual ada beberapa macam yaitu keripik kulit ikan mintahukan, bilis crispy, dan akar pinang," kata dia.

Selain itu, ada juga seluang krispi, keripik pisang gurih, kacang bawang, stik bawang, dan sirup buah nanas.

"Dengan harga yang terjangkau oleh-oleh ini banyak diminati masyarakat dan sekarang sudah mencapai pengiriman keluar provinsi," kata Refa.

Dia berharap kegiatan itu bisa lebih memperkenalkan oleh-oleh khas Barsel keluar daerah dan meningkatkan minat anak muda untuk memulai usaha.

Baca juga : Relawan Sandiaga Gelar Bazar Sembako Murah Di Bandung Barat

"Kami juga memperkenalkan sosok Pak Ganjar Pranowo serta ikut membangun semangat ibu-ibu pelaku UMKM," ujar dia.

Marpuah (32), salah satu peserta pelatihan membuat oleh-oleh itu mengaku senang dengan kegiatan Srikandi Ganjar Kalteng.

"Kegiatan ini sangat positif, selain bisa mendapat pengetahuan, kami juga bisa menjalin silaturahmi," ujar dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.