Dark/Light Mode

Jadi Cawapres Dambaan Milenial, Pengamat Sebut Erick Thohir Figur Pemimpin Muda

Rabu, 11 Januari 2023 16:42 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapat dorongan besar untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024 mendatang. Pengamat politik Yuari Prayanto alias Mazdjo Pray menilai karakteristik kepemimpinan Erick Thohir begitu disukai kalangan muda alias milenial.

“Latar belakang sebagai politisi muda, adalah identitas yang tampaknya akan mudah diterima oleh masyarakat yang mayoritas anak muda,” ujar Mazdjo Pray, Selasa (10/1).

Dia mengatakan Erick Thohir merupakan figur pemimpin muda dengan segudang prestasi. Karena hal tersebutlah yang membuat orang nomor satu di BUMN itu mendapat banyak dukungan khususnya dari milenial.

Baca juga : Ganjar Milenial Center Sumut Gelar Turnamen Mini Soccer

Dengan demikian, Mazdjo menambahkan, menjadi satu gambaran bahwa Erick Thohir merupakan sosok yang mendapat respons positif dari kalangan masyarakat. Hal itu tidak terlepas atas kinerja mentereng selama memimpin BUMN.

“Sosok Erick Thohir sebagai politisi muda, beberapa pihak menilai bahwa Erick Thohir memiliki tingkat penerimaan publik yang tinggi,” tuturnya. 

Selain itu, Elektabilitas Erick Thohir juga semakin meningkat, terilihat dari rekaman survei Indikator Politik Indonesia yang menemukan Erick Thohir memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres.

Baca juga : Jadi Menteri Andalan, Erick Thohir Dipamerkan Presiden Jokowi Di Riau

Erick Thohir meraih elektabilitas sebesar 19,6 persen. Hal tersebut tidak terlepas dari pandangan public yang menilai Eric Thohir sebagai figur memimpin yang cerdas dan berintegritas.

Usianya yang relative tergolong muda juga turut memberikan cukup peran. Pemilih muda sendiri masih menjadi kunci di Pilpres 2024. Hal itu merujuk dari data proyeksi penduduk Indonesia 2015-2045 Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Bappenas menyampaikan, jumlah penduduk Indonesia diperkirakan capai 318,9 juta jiwa pada 2024. Sebanyak 21,73 juta penduduk berusia 15-19 tahun. Sebanyak 21,94 juta penduduk berada di rentang usia 20-24 tahun. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.