Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Gercep Kontak Penjabat Gubernur Papua

Ganjar Siap Kirimkan Bantuan Untuk Korban Gempa Papua

Kamis, 9 Februari 2023 20:44 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan duka cita mendalam atas musibah gempa bumi yang terjadi di Papua, Kamis (9/2). Ganjar juga menginstruksikan BPBD Jawa Tengah agar standby jika dibutuhkan bantuan.

“Tentu saja, yang pertama kami turut berduka, yang kedua kami sudah perintahkan BPBD Jawa Tengah untuk komunikasi dengan sana,” katanya.

Ditemui di rumah dinas usai memenuhi undangan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, di Medan, Ganjar intens berkomunikasi dengan Penjabat Gubernur Papua terkait perkembangan pascabencana.

Baca juga : Usbat Ganjar Sumut Bersama Ratusan Warga Deliserdang Kirim Doa Untuk Korban Gempa Turki

“Saya coba kontak Penjabat Gubernur Papua, beliau sedang tidak di lokasi, tapi beliau menyampaikan yang di tepi pantai memang roboh bangunannya,” kata Ganjar.

Mantan anggota DPR RI itu juga berkomunikasi dengan komunitas masyarakat Jawa Tengah, Kagama, GMNI hingga rekan separtai di sana. Ganjar yang menjabat Ketua Indonesia Persada juga menerima informasi dari LPPL Radio setempat.

Gubernur Jateng dua periode itu juga menerima informasi dari rekan separtainya di PDI Perjuangan. Sebab, kata Ganjar, saat terjadi gempa sedang berlangsung pelantikan DPD.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Salurkan Pakan Kucing Hingga Kandang Untuk Cat Lovers Jakarta

“Ternyata siang lagi ada pelantikan DPD PDI Perjuangan jadi langsung pas lagi dibacakan itu ribut, saya dikirimi video-videonya. Ya mudah-mudahan nanti kami bisa bergerak untuk membantu seandainya kemudian dibutuhkan,” tegasnya.

Ketua PP Kagama itu mengatakan,hingga saat ini semua dalam kondisi siaga. Ganjar menegaskan, melalui BPBD Jawa Tengah siap mengirimkan bantuan.

“Rasa-rasanya sampai hari ini semua yang di sana masih standby mudah-mudahan kondisi daruratnya segera tertangani. Tapi kita standby bila nanti diperlukan kita bantu,” tandasnya.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Beri Bantuan Komputer

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan magnitudo 5,4 terjadi di Papua, Kamis (9/2). Gempa terjadi pada pukul 13.28 WIB atau 15.28 WIT.

BMKG mencatat episenter gempa berada di darat, sekitar 9 kilometer barat daya Jayapura. Adapun Hiposentum atau kedalaman gempa itu ada di 10 kilometer di bawah permukaan bumi.

Dampak gempa hampir dirasakan di seluruh Kota Jayapura. Mulai dari fasilitas umum hingga kantor-kantor pemerintah dilaporkan mengalami kerusakan. Hingga berita ini ditulis, ada empat warga meninggal dunia akibat gempa tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.