Dark/Light Mode

Hasil Survei SPIN: Prabowo Menteri Berkinerja Paling Konkret, Sosok Pemersatu

Senin, 20 Februari 2023 19:06 WIB
Menhan Prabowo Subianto saat mendampingi Presiden Jokowi dalam sebuah acara. (Foto: Setpres)
Menhan Prabowo Subianto saat mendampingi Presiden Jokowi dalam sebuah acara. (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terbaru “Survei Kepemimpinan Nasional 2024: Siapa yang Unggul?". Hasilnya, sebanyak 70,4 persen responden setuju terhadap keputusan Prabowo Subianto bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

“Sebagian besar publik atau 70,4 persen setuju dengan sikap Prabowo yang bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Angka persentase ini sangat meyakinkan sekaligus mengejutkan, mengingat isu dan analisa yang dikembangkan berbagai pihak bahwa pemilih Prabowo pada 2019 mayoritas akan menolak sikap tersebut,” ujar Direktur SPIN Igor Dirgantara, Senin (20/2).

Survei ini juga memotret bahwa pemilih Jokowi memiliki kecenderungan yang sama, dengan memberikan apresiasi positif terhadap sikap Prabowo tersebut. Terbukti, sebanyak 35,4 persen dari total populasi merupakan mereka yang memilih Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 dan menyatakan setuju dengan sikap Prabowo bergabung ke dalam kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. 

Baca juga : Survei SPIN: Elektabilitas Prabowo Masih Unggul

Sementara, pemilih Prabowo-Sandi yang menyatakan setuju mencapai 26,1 persen. Hanya sebagian kecil pemilih Jokowi-Ma'ruf dan pemilih Prabowo-Sandi yang menyatakan tidak setuju. 

Bergabungnya Prabowo dengan pemerintah kemudian dibuktikan melalui kinerjanya yang baik. Dalam hasil survei SPIN itu, sebanyak 13,3 persen responden menyebut, Prabowo merupakan menteri atau kementerian yang dinilai memiliki komitmen kerja paling nyata dan konkret. 

Hasil tersebut menjadi yang tertinggi. Posisi kedua dan ketiga masing-masing diisi Menteri Sosial Tri Rismaharini sebanyak 12,6 persen dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim sebesar 9,0 persen.

Baca juga : Hasil Liga Italia: Atalanta-AS Roma Bersaing Ketat

“Terlihat bahwa, baik pemilih Jokowi-Ma'ruf maupun pemilih Prabowo, sangat menerima sikap Prabowo tersebut. Apalagi ditambah kinerja Prabowo di kabinet yang paling moncer,” ungkap Igor.

Igor menjelaskan, jika merujuk pada temuan survei kali ini, Prabowo disebut sebagai sosok pemersatu. “Bukti bahwa Prabowo adalah jalan tengah, tokoh pemersatu terlihat dari kecenderungan temuan survei ini,” tambahnya. 

Survei SPIN ini dilakukan pada 3-13 Februari 2023 melalui direct interview dengan bantuan kuesioner terhadap 1.230 responden yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Sampel dipilih dengan teknik multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error plus minus 8 persen, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.