Dark/Light Mode

Tuan Guru Harap Majelis Taklim Jadi Magnet Generasi Muda Belajar Agama

Kamis, 23 Februari 2023 21:25 WIB
Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar menggelar Dzikir dan Doa Bersama di Lingkungan Juani, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, (23/2). (Foto: Ist)
Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar menggelar Dzikir dan Doa Bersama di Lingkungan Juani, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, (23/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peran majelis taklim sangat krusial untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang agama. Keberadaannya cukup penting dalam menebarkan nilai-nilai Islam yang penuh kedamaian, toleransi serta melestarikan warisan para leluhur.

Namun, di tengah tantangan kehidupan sosial yang demikian komplek, majelis taklim tentu dituntut berinovasi dan berkreasi dalam menyampaikan pesan spiritual sehingga dapat melahirkan tradisi-tradisi baik sesuai kondisi fakta yang dihadapi. Majelis taklim harus mampu menarik minat generasi muda untuk lebih giat belajar agama. 

"Saya titip pesan dalam kegiatan itu terutama pada generasi muda yang tengah menghadapi tantangan yang luar biasa. Di sini perlunya majelis taklim bisa menarik generasi muda dalam melestarikan nilai-nilai keagamaan dengan baik," tegas Koordinator Wilayah (Korwil) Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar, Zulfi Andika dalam kegiatan Dzikir dan Doa Bersama di Lingkungan Juani, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, (23/2).

Baca juga : Usbat Ganjar Gelar Istigasah Dan Bagikan Bantuan Kepada Majelis Taklim Di Serdang Bedagai

Lanjutnya, problem sosial dan munculnya disinformasi tentang pemahaman keagamaan menuntut generasi muda untuk kritis dan berhati-hati. 

Termasuk dalam menyikapi kampanye dan propaganda isu yang menyimpang di masyarakat.

"Saat ini banyak bermunculan paham-paham tertentu yang harus kami waspadai, dengan menyebarkan ajaran yang bertolak belakang dengan ajaran Islam," lanjutnya.

Baca juga : Muzani Harap Generasi Muda Teladani Jasa Pahlawan

Dengan demikian, Zulfi berharao majelis taklim mampu menyesuaikan aktifitas kegiatannya sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi yang akrab dengan para remaja dengan terus memberikan nilai-nilai kebijakan yang terkandung dalam ajaran Islam.

"Saya berharap dan yakin majelis taklim Al Hidayah mampu memberikan perhatian cukup besar kepada generasi penerus. Sebab, anak muda saat ini akan memegang peranan pembangunan masa depan," ujarnya.

Zulfi mengapresiasi peran majelis taklim Al Hidayah selama ini yang terus berupaya melakukan kegiatan positif dalam meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan, pendidikan dan mengedepankan kerukunan ke arah yang lebih baik.

Baca juga : Tuan Guru Sahabat Ganjar Berikan Pengeras Suara Untuk Majelis Taklim Di Medan Marelan

"Sejauh ini peranannya sudah baik dalam menyampaikan pesan keagamaan kepada masyarakat sekitar, mudah-mudahan komitmen itu terus berlanjut dan menularkan kepada majelis taklimnya di wilayah sekitar," lanjutnya.

Untuk itu, melalui Tuan Guru, Zulfi merasa kegiatan positif seperti itu harus terus didukung dengan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan keagamaan yang lebih baik.

"Tuan Guru mendukung penuh segala bentuk pendidikan keagamaan melalui majelis taklim yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara," ujar dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.