Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rukita Jawab Kebutuhan Rumah Berkualitas Bagi 50 Juta Generasi Muda Indonesia

Rabu, 1 Februari 2023 21:40 WIB
Rukita Jawab Kebutuhan Rumah Berkualitas Bagi 50 Juta Generasi Muda Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat ini sekitar 50 juta generasi muda Indonesia yang membutuhkan hunian berkualitas atau rumah yang layak ternyata tidak sebanding dengan ketersediaan hunian di Indonesia.

CEO dan Co-Founder Rukita, Sabrina Soewatdy dalam keterangan tertulisnya pada media, Rabu (1/2) mengatakan bahwa saat ini generasi muda berhadapan dengan serangkaian masalah ketersediaan hunian. Pertama, harga properti yang makin mahal menyebabkan mereka sulit memiliki hunian di lokasi strategis, sehingga hunian sewa menjadi salah satu solusinya. Kedua, minimnya solusi hunian di pusat kota untuk generasi muda kelas menengah. Sementara, cicilan bulanan untuk apartemen tipe studio 90% yang menawarkan kenyamanan dan keamanan lebih mahal dibanding biaya sewa bulanan di coliving, sehingga banyak yang beralih ke coliving.

Baca juga : Menteri Siti Targetkan Penataan Batas Kawasan Hutan Selesai Tahun Ini

Ketiga, perjalanan ke kantor di kota-kota besar di Indonesia semakin tidak efisien dari segi biaya dan waktu yang dihabiskan. Keempat, terbatasnya jumlah properti yang berkualitas namun terjangkau untuk sewa jangka panjang. Sabrina memaparkan, berdasarkan pengalaman Rukita, sebanyak 50% coliving yang memutuskan bergabung di Rukita tidak menyediakan layanan dasar (laundry, pembersihan) sehingga kemudian dilakukan renovasi besar untuk memenuhi standar kenyamanan kami. Tak ketinggalan, pengajuan KPR semakin sulit disetujui akibat buruknya credit scoring dan minimnya edukasi publik untuk pengajuan serta kriteria persetujuan KPR.

“Sewa apartemen di Indonesia membutuhkan pembayaran di muka sebesar 6-12 bulan, tergolong mahal untuk 80% masyarakat Indonesia yang hidupnya bergantung dari pendapatan bulanan. Belum lagi, untuk yang memilih hunian di pinggiran kota, harus bergelut dengan masalah transportasi, di mana 41% commuters di Jakarta menghabiskan 1-3 jam untuk satu kali perjalanan. Sementara, biaya dengan kendaraan pribadi 3x lebih mahal dari transportasi umum. Dan beragam problema hunian yang dihadapi generasi muda saat ini, yang membutuhkan solusi konkret.,” jelas Sabrina Soewatdy.

Baca juga : Benjamin Netanyahu Baik-baikin Yordania

Menjawab problematika tersebut, Rukita sebagai perusahaan proptech yang menyediakan hunian sewa jangka panjang dengan solusi pelayanan menyeluruh menghadirkan beragam inovasi untuk menyediakan hunian berkualitas bagi generasi muda secara meluas di seluruh Indonesia.

“Home That Grows With You”, melalui pesan ini, papar Sabrina, Rukita yang berangkat dari penyedia hunian coliving sebagai produk pertamanya, kini siap menjadi perusahaan proptech terdepan di Indonesia dengan menambahkan beragam lini produk terpadu yang siap menemani generasi muda Indonesia di setiap fase kehidupannya. Rukita memperkenalkan ekosistem proptech menyeluruh yang terdiri atas produk manajemen properti, marketplace, hingga dukungan finansial. Sehingga, melalui infrastruktur yang terintegrasi ini mampu memberikan solusi bagi krisis perumahan yang dihadapi oleh generasi muda saat ini dan mendatang di Indonesia.

Baca juga : Hadirkan UMKM Baru, Pijar Mahir Berhasil Cetak Generasi Muda Digital

Sabrina lebih lanjut menambahkan bahwa Rukita menghadirkan beberapa produk, yaitu Rukita Coliving, RuPartners, Rukita Residence dan RuFinance. Rukita Coliving merupakan lini manajemen hunian coliving dengan fasilitas eksklusif dan layanan yang lengkap, sementara RuPartners, adalah hunian kost yang bekerja sama dengan Rukita di mana kegiatan operasionalnya dikelola langsung oleh pemilik properti. Produk ketiga, Rukita Residence merupakan hunian apartemen maupun rumah tapak dengan layanan menyeluruh dan sistem pembayaran sewa bulanan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.