Dark/Light Mode

Catatan Prof Tjandra

Covid-19 Mereda, Sejumlah Negara Longgarkan Kebijakan Penggunaan Masker

Minggu, 5 Maret 2023 18:19 WIB
Prof Yjandra Yoga Aditama berfoto di Gateway of India, di Mumbai. (Foto: Ist)
Prof Yjandra Yoga Aditama berfoto di Gateway of India, di Mumbai. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada Januari 2023, saya menjalani ibadah umroh. Di Mekkah dan Madinah sekitar 90 persen orang tidak pakai masker lagi. Dan kita tahu, yang beribadah umroh datang dari berbagai negara di dunia.

Hal ini sedikit banyak dapat menggambarkan bahwa sudah terjadi pelonggaran dalam pemakaian masker di banyak negara.

Pada akhir Februari 2023 saya mengikuti dan menjadi co-lead rapporteurs pada 'High-Level meeting on Paving for Strong and Resilient Health System in South-East Asia" di Goa, salah satu obyek wisata di pantai barat India.

Peserta pertemuan antara lain adalah mantan Menteri Kesehatan India dan mantan Menkes Timor Leste, dan juga mantan Wakil Direktur Jenderal World Health Organization (WHO), serta mantan Kepala WHO Pasifik Barat.

Hadir juga, perwakilan dari Thailand, Bangladesh, Korea Selatan dan saya dari Indonesia, serta tentunya, pimpinan WHO Asia Tenggara.

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Dorong Kesejahteraan Petani Garut

Semua peserta pertemuan tidak memakai masker lagi. Selain kami yang datang dari berbagai negara, di India memang praktis sudah tidak ada yang pakai masker, baik di Goa dan juga di kota Metropolitan Mumbai.

Kembali dari Goa, saya memang sempat transit beberapa jam di Mumbai dan melihat kota, dibantu bapak Konsul Jenderal RI di Mumbai.

Saya antara lain sempat ke “Gateway of India” seperti di foto ini, yang penuh orang dan semua tidak pakai masker, termasuk dua yang di sebelah saya itu. 

Dari India ke Jakarta, saya sempat mampir juga beberapa jam di Singapura. Sejak 13 Februari 2023 di Singapura tidak ada lagi kewajiban pakai masker di dalam angkutan umum, setelah sebelumnya kewajiban pakai masker memang sudah dilonggarkan.

Di sekitar Orchard road mungkin masih ada sekitar 25 persen pengunjung lalu lalang yang tetap pakai masker, mungkin karena sudah kebiasaan, walau pun bukan kewajiban lagi.

Baca juga : Ganjar Edarkan Benih Unggulan Jateng

Yang juga menarik, di tiket pesawat Singapore Airlines jelas ditulis bahwa di bandara Changi tidak diwajibkan lagi memakai masker.

Sesampainya di Jakarta, saya bertemu dengan perwakilan Sasakawa Foundation Jepang yang menangani penyakit lepra.

Dia menyampaikan, mulai 13 Maret ini Jepang akan memulai kebijakan baru yakni penggunaan masker pada umumnya tidak diwajibkan lagi. Tapi diserahkan saja pada keputusan masing-masing orang.

Selain pengalaman pribadi ini, kita tahu, bahwa Amerika dan Eropa juga sudah lama tidak mewajibkan penggunaan masker lagi.

Perkembangan tidak mewajibkan pakai masker jelas sudah terjadi di banyak sekali negara, sejalan dengan Covid-19 terus terkendali di di dunia. ■

Baca juga : Idealnya, Seluruh Rakyat Dapat Layanan Kesehatan Esensial, Tanpa Bebani Kantong

***) Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI/Guru Besar FKUI, mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, mantan Dirjen Pengendalian Penyakit, serta mantan Kabalitbangkes 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.