Dark/Light Mode

Sepanjang 2022, PMJ Hadir Lindungi Masyarakat Dengan Kedepankan Pencegahan

Sabtu, 31 Desember 2022 17:20 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama warga. (Foto: PMJ)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama warga. (Foto: PMJ)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bertempat di 30 titik, seluruh jajaran Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya (PMJ), turut menjadi bagian dari kegiatan Jumat Curhat 2022, sebuah program strategis Kapolri. Kegiatan ini bertujuan untuk mendengar, mencatat, dan mencarikan solusi bagi persoalan yang dihadapi masyarakat.

Direktur Reserse Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis menerangkan, di salah satu lokasi Jumat Curhat, warga menyampaikan usulan agar kejahatan dapat terus berkurang dengan menambah fasilitas keamanan. Pihaknya pun akan langsung menindaklanjuti dengan membantu membangun posko keamanan dan menambah fasilitas CCTV di lingkungan tersebut.

Baca juga : Ganjar Bikin Jateng Jadi Provinsi Dengan Pengawasan Pangan Segar Terbaik Di Indonesia

Tidak hanya itu, warga juga curhat tentang bagaimana cara menggunakan media sosial dan membuat konten/video/foto yang tidak melanggar aturan hukum serta bagaimana contoh aksi kejahatan di dunia maya (cyber crime), untuk bisa mencegahnya.

"Kami pun langsung memberikan penjelasan dengan rinci berbagai tips tentang hal tersebut. Tidak hanya itu, warga kembali meminta agar program pendampingan UMKM untuk memiliki izin serta pembekalan kemampuan untuk memasarkan produk, tidak berhenti dilakukan oleh Ditkrimsus PMJ,” ujar Kombes Auliansyah Lubis, seperti keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (31/12).

Baca juga : Sekolah Sungai Siluk, Potret Keberhasilan Masyarakat Kembangkan Eduwisata Binaan PLN

Dia menambahkan, sebagaimana arahan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, sepanjang 2022, seluruh jajaran terus hadir mengedepankan aksi pencegahan kejahatan melalui kegiatan pemberdayaan warga, dalam program Kampung Tangguh Jaya (KTJ). Dengan program ini, masyarakat diharapkan tangguh secara kesehatan, keamanan, ketertiban dan kesejahteraan.

"KTJ Polda Metro Jaya, yang hadir sejak masa pandemi 2021 hingga 2022, terus membantu warga agar mandiri secara ekonomi dengan memiliki usaha sendiri maupun berkelompok, di lingkungan RT/RW berupa pembudidayaan ikan lele dan pembangunan areal hidroponik, pengembangan usaha rumah tangga seperti pengolahan bahan bekas industri berupa ban mobil bekas yang diproses menjadi perabot rumah tangga, minuman kemasan, dan lain sebagainya,” terang Auliansyah.

Baca juga : Sepanjang 2022, KPK Kantongi 4.623 Laporan Dugaan Korupsi

Di bidang keamanan, lanjutnya, melalui KTJ, Polda Metro Jaya telah lama menggerakkan portal lingkungan (one gate system), agar upaya melakukan kontrol sosial dan keamanan menjadi sistematis dan terukur. "Sebagaimana arahan Bapak Kapolda, menangkap pelaku kejahatan adalah sebuah kebanggaan, namun mencegah masyarakat menjadi korban kejahatan ialah kemuliaan. Maka kami pun akan terus hadir dengan berbagai inisiatif pencegahan kejahatan,” tutup Auliansyah Lubis.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.