Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerek Kesejahteraan Driver Ojol Di Sukabumi

Kajol Dukung Ganjar Berikan Pelatihan Dan Pendampingan Wirausaha

Minggu, 12 Maret 2023 18:36 WIB
Relawan Komunitas Ojek Online (Kajol) Dukung Ganjar menggelar Pelatihan dan Bimbingan untuk Ojol Berwirausaha untuk mengakselerasi kesejahteraan dari driver ojek online di Gedung Widaria Kencana, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (12/3). (Foto: Ist)
Relawan Komunitas Ojek Online (Kajol) Dukung Ganjar menggelar Pelatihan dan Bimbingan untuk Ojol Berwirausaha untuk mengakselerasi kesejahteraan dari driver ojek online di Gedung Widaria Kencana, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (12/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai komitmen dalam mengakselerasi kesejahteraan dari driver ojek online di Indonesia, sejumlah relawan Komunitas Ojek Online (Kajol) Dukung Ganjar melanjutkan program Pelatihan dan Bimbingan untuk Ojol Berwirausaha.

"Serupa dengan daerah lainnya, kami menggelar kegiatan lanjutan wirausaha bagi para driver ojol di Sukabumi yang bertujuan untuk mendorong kesejahteraan para driver ojol," ujar Juru Bicara Kajol, Risnandar di Gedung Widaria Kencana, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (12/3).

Dengan hadirnya pelatihan dan bimbingan tersebut, diharapkan adanya keterampilan yang bisa dilakukan driver ojol agar bisa naik level dan meningkatkan pendapatannya.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Sumsel Bawa Bantuan Bahan Bangunan

"Tentu kami berharap bahwa program pendampingan bisa berjalan dan berkelanjutan, sehingga para driver ojol bisa meningkatkan pendapatannya," ungkapnya.

Risnandar mengatakan bahwa Komunitas Kajol senantiasa memberikan solusi atas tantangan yang dihadapi oleh driver ojol dalam memulai usahanya. Baik dalam aspek produksi, permodalan dan pemasaran.

"Pendampingan yang kami lakukan, yakni meliputi aspek operasional, produksi, pemasaran dan permodalan itu akan coba kami dampingi dan dicarikan solusinya," jelasnya.

Baca juga : Kyai Muda Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Bilal Salat Tarawih Dan Idul Fitri

Saat ini, Kajol akan terus berupaya dalam berkontribusi langsung terhadap perekonomian daerah yang lebih besar lagi melalui peningkatan kapasitas dan keterampilan driver ojol dalam berwirausaha. 

Berdasarkan data yang di rilis oleh Kemenko RI Tahun 2022, Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5%, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

"Sebagai penopang perekonomian nantinya, pasti pelaku UMKM tersebut akan turut serta membangun daerah karena ada perputaran ekonomi yang tumbuh di dalamnya," lanjutnya.

Baca juga : Peningkatan Kapasitas SDM, Mak Ganjar Gelar Latihan Bagi Pengrajin Batik

Selain itu, Kajol Dukung Ganjar memberikan kesempatan kepada istri dan anak driver ojol dalam mendapatkan pelatihan dan bimbingan tersebut.

Hal tersebut dilakukan guna memperkuat ekosistem kewirausahaan di lingkungan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga para driver ojol.

Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa tenant mitra Kajol Dukung Ganjar yang memberikan edukasi dan peluang membuka usaha frenchise. Umumnya tenant tersebut bergerak di bidang industri makanan dan minuman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.