Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Warga Pasar Dan Mall Dukung Airlangga Nyapres 2024

Senin, 13 Maret 2023 16:17 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinamika Survei Indonesia (DSI) melakukan penelitian yang menjadikan pasar tradisional dan pasar modern (mall) sebagai objek. Di mana pasar tradisional dan pasar modern menjadi penggerak utama roda perekonomian kawasan-kawasan kota di kabupaten dan provinsi.

Direktur Eksekutif DSI, Permadi Yuswiryanto mengatakan, dalam penelitian ini terdapat tiga stakeholder yang terlibat. Yaitu stakeholder primer, antara lain para pedagang pasar tradisional dan mall serta stakeholder sekunder yang terdiri dari pembeli atau pasar tradisional.

"Hasil temuan survei pada stakeholder pasar tradisional dan mall yang selama 2 tahun lalu begitu merasakan pengaruh dari adanya Covid-19 yang sangat mempengaruhi aktivitas dan pendapatan mereka," kata Permadi, dalam keterangannya, Senin (13/3).

Baca juga : Mantan Kepala Desa Dan Lurah Se-Jabar Dukung Ganjar Presiden 2024

Kendati demikian, mayoritas warga pasar tradisional dan mall puas terhadap kebijakan Pemerintah dalam pemulihan aktivitas ekonomi. "Sebanyak 89,9 persen puas dengan kebijakan Pemerintah dalam pemulihan aktivitas di pasar dan mall," ucap Permadi.

Lebih lanjut, Permadi menjelaskan nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling dikenal oleh stakeholder pasar dan mall. Sebanyak 57,7 persen stakeholder pasar dan mall sangat tahu dan menunggu kebijakan kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Airlangga.

"Seperti kebijakan PSBB, PPKM, dan program-program bantuan permodalan dan bansos. Kebijakan Ganjar Pranowo selama Covid hanya 8,9 persen, Prabowo Subianto 8,7 persen, Anies Baswedan 7,2 persen, Sandiaga Uno 6,7 persen dan tokoh lainnya para stakeholder tidak tahu dan tidak merasakan peran dan kebijakan mereka dalam memulihkan aktivitas pasar tradisional dan mall," beber dia.

Baca juga : Ribuan Warga Kabupaten Gowa Dukung Ganjar Pranowo Maju Ke Pilpres 2024

Hasil dalam survei ditemukan juga bahwa menurut 78,7 persen stakeholder pasar tradisional dan mall petugas polisi sangat membantu dalam upaya pemulihan aktivitas jual beli di pasar dan mall.

Sementara sebanyak 21,3 persen menyatakan satpol PP ikut serta dalam pemulihan aktivitas pasar dan mall.

Diketahui, survei ini dilakukan sejak 25 Februari hingga 8 Maret 2023. Responden terdiri dari para stakeholder di pasar tradisional dan mall yaitu para pekerja di sektor formal, informal, pelaku UMKM, pedagang kaki lima, pedagang pasar tradisional dan penjaga toko, dengan jumlah responden sebanyak 2280 orang yang sudah berumur 17 tahun ke atas dan tersebar di 32 provinsi di Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.