Dark/Light Mode

Keluarga Pejabat Hobi Pamer Kekayaan Bikin Kepercayaan Rakyat Hilang

Selasa, 21 Maret 2023 10:08 WIB
Sosiolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Sunyoto Usman. (Foto: Ist)
Sosiolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Sunyoto Usman. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sosiolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Sunyoto Usman ikut menyoroti fenomena pamer kekayaan alias flexing yang belakangan ramai dilakukan oleh keluarga penyelenggara negara.

Baca juga : Istri Pejabat Pamer Harta Merembet Ke Kantor Pratikno

Kata Sunyoto, pamer harta ini dilakukan untuk mendapatkan pengakuan sebagai masyarakat kelas atas. "Dugaan saya punya barang branded adalah simbol untuk pamerkan keberhasilan," kata Nyoto kepada RM.id, Senin (20/3). 

Baca juga : Menjaga Peradaban Dunia dengan Perlindungan Kawasan Kars Maros-Pangkep

Sehingga mereka merasa kedudukannya berbeda dengan masyarakat kebanyakan. Hanya kelompok-kelompok tertentu yang bisa bergabung dengan mereka. "Ingin jadi bagian lapisan atas, buat jarak dengan orang kebanyakan," tambahnya. 

Baca juga : Cegah Diabetes, Sahabat Ganjar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Di Muara Enim

Hal ini, ditegaskan Nyoto, membuat kepercayaan publik menurun dan memotivasi mereka untuk memamerkan harta kekayaan juga. "Dampaknya bisa lemahnya trust (kepercayaan) pada pejabat publik. Di sisi lain, malah bisa justru ditiru masyarakat sebagai masyarakat, tambah motivasi tinggi pamer keberhasilan," jelas dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.