Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Olah Limbah Kopi Jadi Sabun

UKM Sahabat Sandi Lampung Ajak Emak-Emak Berwirausaha

Kamis, 23 Maret 2023 11:09 WIB
UKM Sahabat Sandi Lampung menggelar pelatihan pembuatan sabun kopi menjadi sabun di Tries Cafe & Resto, Lampung, Kamis (23/3). (Foto: Ist)
UKM Sahabat Sandi Lampung menggelar pelatihan pembuatan sabun kopi menjadi sabun di Tries Cafe & Resto, Lampung, Kamis (23/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di bulan Ramadan, umat Islam tidak hanya sekadar puasa menahan makan minum, tetapi juga berlatih berwirausaha untuk kesejahteraan ekonomi. UKM Sahabat Sandi Lampung menggelar pelatihan pembuatan sabun kopi menjadi sabun di Tries Cafe & Resto, Lampung, Kamis (23/3).

Kegiatan ini mengajak para emak-emak hingga milenial dengan tujuan memberikan peluang untuk masyarakat dalam menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan seperti yang dikatakan Sandiaga Uno

"Kita adakan pelatihan supaya mereka dapat ilmu yang bermanfaat. Dilain itu bermanfaat juga untuk emak-emak yang belum punya usaha disini kita rangkul," ungkap Fitdyatini, Ketua UKM Sahabat Sandi Lampung, Kamis (23/3). 

Baca juga : Sambut Ramadhan 2023, Sahabat Ganjar Gelar Doa Bersama Ratusan Santri Di Sampang

"Tujuannya memberi peluang ke emak-emak dan milenial untuk menciptakan lapangan kerja sesuai dengan program Pak Sandi dalam membuka 4,4 juta lapangan pekerjaan. Programnya juga tepat sasaran jadi beliau langsung ke masyarakat, ke UMKM," lanjut Fitdyatini. 

Selain pelatihan, UKM Sahabat Sandi Lampung juga menyediakan fasilitas perizinan usaha. Sebab, masih banyak UMKM yang belum memiliki izin usaha dan memiliki kendala dalam melakukan perizinan usahanya. 

"Selain pelatihan, kami juga memberikan perizinan pada mereka yang belum punya izin usaha, jadi kami disini berikan gratis untuk yang belum punya," kata Fitdyatini. 

Baca juga : Pelatih Masa Kecil: Ke Mana Pun Syabda Bertanding, Dia Selalu Minta Doa Saya

Salah satu peserta, Pujiastusi menceritakan, pelatihan ini sangat bermanfaat karena memberikan ilmu mudah yang jarang diketahui orang banyak.
Selain itu, pelatihan ini juga bisa memberikan pendapatan lebih di bulan Ramadhan, ia berterima kasih kepada pihak penyelenggara, sebab selain pelatihan ia juga difasilitasi perizinan usaha. 

"Saya sebagai ibu rumah tangga tertarik dengan adanya pelatihan ini, kita bisa punya ilmu dan bisa kita manfaatkan ada nilai jualnya juga. Kita dikasih perizinan usaha, legalitas itukan penting, makanya disini beruntunglah difasilitasi, terima kasih kepada UKM Sahabat Sandi Lampung, khususnya Pak Sandiaga," kata Pujiastusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RMid. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.