Dark/Light Mode

GBB Dan SPN Berkolaborasi Memperluas Dukungan Untuk Ganjar Pranowo Di Daerah 

Sabtu, 25 Maret 2023 19:12 WIB
Dewan pimpinan cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Kabupaten Morowali menggelar konferensi cabang/konfercab I di Hotel Sejahtera mandiri Kecamatan Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah, Sabtu (24/3). (Foto: Ist)
Dewan pimpinan cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Kabupaten Morowali menggelar konferensi cabang/konfercab I di Hotel Sejahtera mandiri Kecamatan Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah, Sabtu (24/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan pimpinan cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Kabupaten Morowali menggelar konferensi cabang/konfercab I di Hotel Sejahtera mandiri Kecamatan Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah.

Forum Konfercab yang digelar pada 19-20 Maret lalu itu dihadiri oleh tak kurang dari 70 orang delegasi dari pimpinan serikat pekerja (PSP) SPN di 10 perusahaan di Kabupaten Morowali. Forum itu digelar untuk memilih pengurus baru, membuat program kerja dan mengeluarkan pernyataan politik.   

Forum berjalan dinamis membahas berbagai hal menyangkut perkembangan organisasi hingga menjelang petang. Kemudian berlanjut dengan pembahasan dan pemilihan pengurus baru yang membuat suasana konfercab semakin seru dan panas.

Pasalnya, dari tiga kandidat yang dicalonkan oleh delegasi semuanya menyatakan menolak. Setelah melakukan perdebatan sengit akhirnya dilakukan pencalonan lagi dan memunculkan 2 nama, yaitu Iwan dan Andi Hamka yang langsung dipilih secara tertutup. 

Suasana menjadi tegang pada saat penghitungan suara kedua kandidat saling kejar dan menghasilkan suara imbang. Sekira pukul 01.00 WITA akhirnya dilakukan pemilihan ulang yang dimenangkan oleh Iwan. 

Sebagai ketua terpilih Iwan memimpin tim formatur untuk melengkapi struktur dengan kader-kader terbaik. Setelah hampir satu jam akhirnya struktur berhasil dilengkapi mulai dari sekretaris dan bendahara hingga wakil-wakilnya. 

Baca juga : Serikat Pekerja Nasional Morowali Deklarasi Dukungan Untuk Ganjar Pranowo

Kepengurusan baru definitif dengan ditandai dilantik dan disumpah oleh Ketua Umum SPN, Joko Heriyono. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan dan semangat, sekira pukul 02:00 WITA forum konfercab melanjutkan agenda panting lainnya yaitu pernyataan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai presiden RI 2024 dan penandatanbganan  MoU dengan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB).

Pernyataan dukungan dibacakan dan ditanda tangani  oleh Iwan dan Indusman sebagai Ketua dan Sekretaris yang baru, didampingi oleh jajatran pengurus terpilih. 

Selanjutnya, di momen yang sama digelar prosesi penandatanganan MoU antara DPC SPN Morowali bersama GBB yang langsung diwakili oleh Ketua Umum GBB, Lukman Hakim dan disaksikan oleh Ketua Umum SPN, Joko Heriyono.

“Kami menyatakan mendukung Pak Ganjar Pranowo jadi presiden 2024 dan siap bekerjasama dengan GBB dalam menjalankan program-program nantinya,” terang Iwan setelah penandatanganan. 

Iwan menambahkan bahwa dengan basis di 13 perusahaan di Morowali, organisasinya akan lebih massif lagi menggalang dukungan dengan berbagai program yang bermanfaat untuk pekerja/buruh.

Seperti diketahui bahwa di Morowali terdapat kawasan Indonesia Morowali Industrial park (IMIP) yang di dalamnya terdapat 37 ribu buruh.

Baca juga : PYCH Gelar Pelatihan Manajemen Hubungan Pelanggan Untuk Kembangkan Talenta Anak Muda

Selain itu  di Morowali juga terdapat banyak perusahaan tambang dan pendukungnya, tempat ribuan buruh bekerja.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum GBB, Lukman Hakim, menjelaskan agenda itu merupakan kelanjutan kerja sama SPN dengan GBB di tingkat pusat dengan memperluas jaringan GBB dalam melebarkan sayap dukungan untuk Ganjar Pranowo dengan berbagai program berkelanjutan. 

Terlebih Morowali merupakan daerah industri baru yang sangat potensial kedepan sehingga dibutuhkan pendekatan yang baik nir konflik dan mengedepankan musyawarah. 

“Kelanjutan dari penandatanganan MoU ini GBB bersama SPN akan menggelar Forum Musyawarah Hubungan Industrial atau FMHI di Morowali dengan melibatkan semua pihak terkait. Forum ini bertujuan untuk mencari solusi-solusi dan ide-ide untuk meningkatkan kesejahteraan buruh dan penguatan industri setempat," tutur Lukman. 

“Selama ini tengah terjadi situasi masih ada ketimpangan pemahaman terkait hubungan industrial atau hubungan antara buruh dan pengusaha yang kerap kali menyulut konflik. Jadi GBB hadir sebagai supporting system untuk membangun kolaborasi dengan semua pihak hingga terjadi kesepamahaman dan keharmonisan hubungan industrial yang saling menguntungkan, kita ingin menjalankan program peningkatan kesejahteraan buruh di luar skema normatif,"  lanjut Lukman yang juga seorang aktivis serikat buruh.

Senada dengan Lukman, Djoko Heriyono, selaku Ketua Umum SPN, menjelaskan dengan kolaborasi dengan GBB ini akan memberi peluang untuk menjalankan program-program yang dapat membantu anggota dan buruh secara umum di Morowali, sembari mengharapkan DPC SPN Morowali dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik. 

Baca juga : Kyai Muda Dukung Ganjar Gandeng Paguyuban Soundsystem

“Saya bersama DPP memutuskan mendukung Pak Ganjar di Majenas Lombok, dan sekarang diturunkan di Morowali ini bertujuan agar konsep Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat (JS3H) dapat diterapkan di kemudian hari," papar Djoko.

Dalam kesempatan yang sama, Amirullah Ketua PSP SPN PT. GNI yang sekarang sudah tidak bekerja menyatakan sangat senang dan sepakat atas kolaborasi SPN dan GBB.

Dia berharap kerja sama ini menjadi tonggak sejarah dan bukti  bahwa SPN dapat melakukan hal-hal yang positif bagi terciptanya kesejahteraan pekerja/buruh dan keharmonisan hubungan industrial. 

“Saya senang sekali adanya kolaborasi ini, dan semoga hal ini jadi tonggak sejarah dan pembuktian bahwa SPN dapat melakukan hal yang baik untuk kesejahteraan pekerja/buruh dan keharmonisan hubungan indsutrial” ungkap Amirullah di sela-sela penutupan acara

Setelah beramah-tamah  sejenak para peserta berangsur bubar dan beristirahat menjelang pukul 03:00 WITA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RMid. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.