Dark/Light Mode

Hari Ini KPK Klarifikasi Harta Kekayaan Brigjen Endar, Ini Hasilnya

Jumat, 31 Maret 2023 20:42 WIB
Direktur Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Direktur Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Direktorat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan klarifikasi terhadap Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priantoro terkait harta kekayaannya, hari ini, Jumat (31/3).

Klarifikasi ini dilakukan setelah gaya hidup mewah perempuan yang diduga merupakan istri Endar, viral di media sosial.

"Hari ini sudah selesai nanti kita sampaikan hasilnya. Tapi, ini kan baru klarifikasi awal," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (31/3).

Ia menuturkan, Endar kooperatif saat menjalani proses klarifikasi yang berlangsung selama tiga jam, dimulai pukul 09.30 WIB.

Pahala menjelaskan, klarifikasi itu belum selesai lantaran ada data-data lain yang masih dibutuhkan, termasuk data perbankan.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 30 Maret, Cek Di Sini Lokasinya

"Itu data perbankan belum kita peroleh juga, kita sambil dalami," imbuhnya.

Sejauh ini, Tim Direktorat LHKPN KPK belum menemukan adanya kejanggalan saat klarifikasi kekayaan Endar. Masih dinilai wajar.

"Belum ada indikasi apa-apa. Masih normal-normal aja," ungkap Pahala.

Berdasarkan LHKPN periodik 2022, jumlah kekayaan Endar sebesar Rp 5.633.150.000. Kekayaan itu dilaporkan tertanggal 7 Februari 2023. Pahala menjamin, proses klarifikasi kepada Endar berjalan secara transparan. Tim Direktorat LHKPN dipastikan bersikap objektif.

"Biasanya ada QC (Quality Control)," tegasnya.

Baca juga : Layani ASN 24 Jam, AdMedika Hadirkan Taspen Smart Health

Selain tim LHKPN, Dewan Pengawas (Dewas) KPK juga telah memeriksa Endar beberapa waktu lalu, untuk menemukan ada tidaknya dugaan pelanggaran etik.

Sebelumnya, Akun TikTok Perusak Hedon memposting sejumlah foto yang diduga merupakan istri Brigjen Endar, dengan caption: "Gaya hidup mewah istri bintang 1 Polri".

Akun itu menyebut, istri Brigjen Endar liburan ke luar negeri bukan menyewa mobil, tetapi helikopter.

“Bantu viralkan lagi guys, akun kemarin diculik!,” tulis akun Perusak Hedon dikutip pada Kamis (16/3).

Dari cuplikan video yang tersebar di TikTok, ada foto Brigjen Endar memakai kemeja warna cokelat dan perempuan yang diduga istrinya berjilbab pink.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 25 Maret, Cek Di Sini Lokasinya

Kemudian, ada pula perempuan yang diduga istri Brigjen Endar foto sedang melihat salju dan pemandangan gunung.

Selain itu, ada foto yang memperlihatkan tiga orang wanita dan dua orang lelaki dengan helikopter warna merah.

Selanjutnya, perempuan tersebut tampak memamerkan outfit yang dipakainya, seperti kaos by Kenzo, topi Channel terbaru dan perhiasan di tangannya.

Kemudian, perempuan itu juga memamerkan foto ketika tengah mengikuti olahraga golf dengan seorang pria berkaos dan memakai topi warna biru, yang disebut akun TikTok itu sebagai Brigjen Endar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.