Dark/Light Mode

Pak Bas Paparkan Kondisi Terkini Stadion Di Indonesia

Venue Untuk Piala Dunia U-20 Sudah Siap Pakai

Rabu, 5 April 2023 08:00 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Dok. Kementerian PUPR).
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Dok. Kementerian PUPR).

RM.id  Rakyat Merdeka - Piala Dunia U-20 batal dilaksanakan di Indonesia, tapi hikmahnya, kini kita punya banyak stadion bola yang keren dan sesuai standar internasional. Stadion-stadion terbaik ini, bisa dimanfaatkan untuk melahirkan bibit-bibit tangguh pesepakbola Indonesia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Senin (3/4/2023) malam menceritakan dengan detil seluruh kondisi stadion yang niatnya digunakan untuk Piala Dunia itu. Dia menyebut, semua venue sudah siap. Kementeriannya telah menyelesaikan semua perbaikan atau revitalisasi stadion, sesuai instruksi Presiden Jokowi.

Menurut Pak Bas, sapaan akrab Menteri Basuki, semua stadion, baik stadion utama maupun stadion latihan, sudah siap digunakan. “Kami sudah menyiapkan semuanya. Pada 31 Maret, saat FIFA memeriksa tahap akhir finalisasi stadion, semua dinyatakan oke. Jadi tidak benar jika ada yang bilang batal karena infrastruktur stadion,” ujar Pak Bas.

Baca juga : Venue Untuk Piala Dunia U-20 Sudah Siap

Kementerian PUPR telah melakukan renovasi lima lapangan untuk pertandingan (venue utama) dan 20 lapangan untuk latihan dengan total biaya Rp 155,17 miliar. “Kami berkomitmen dengan tugas yang diberikan. Apalagi Piala Dunia U-20, merupakan ajang terbesar kedua FIFA. Sehingga kami tidak main-main menjaga amanah Presiden demi suksesnya turnamen tersebut,” katanya.

Renovasi dilaksanakan pada Januari-Juni 2023, di lima provinsi. Dan progres-nya mencapai 100 persen pada 2 April 2023.

Pertama, di Sumatera Selatan. Renovasi Gelora Sriwijaya Jakabaring, sebagai lapangan utama pertandingan dan 4 lapangan latihan yaitu di Bumi Sriwijaya, Atletik, Baseball dan Panahan di Jakabaring. Total biaya Rp 43,35 miliar.

Baca juga : 6 Hal Di Balik Pencabutan Status Peru Sebagai Host Piala Dunia U17, FIFA Tak Sebut Ada Sanksi

Kedua, di Jawa Barat. Renovasi Si Jalak Harupat (venue utama) dan 4 lapangan latihan yaitu di Gelora Bandung Lautan Api, IPDN Jatinangor, Jati Padjadjaran dan Sidolig). Total biaya Rp 53,97 miliar.

Ketiga, di Jawa Tengah. Renovasi Manahan (venue utama), dan 4 lapangan latihan yaitu di Sriwedari, Banyu Anyar, Sriwaru dan Kota Barat). Total biaya Rp 16,82 miliar.

Keempat, di Jawa Timur. Renovasi Gelora Bung Tomo (venue utama), dan 4 lapangan latihan yaitu di Gelora 10 November, A GBT, C BGT dan Thor). Total biaya Rp 23,29 miliar.

Baca juga : Nyesek! Coach Justin Ungkap Kerugian Besar Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kelima, di Bali. Renovasi I Wayan Dipta (venue utama) dan 4 lapangan latihan yaitu di I Gusti Ngurai Rai, Kompyang Sudjana, Gelora Samudra dan Trisakti. Total biaya Rp 17,61 miliar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.