Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Relawan Desa Sumbar Perkuat Dukungan Ganjar Presiden 2024

Rabu, 5 April 2023 22:46 WIB
Pengukuhan pengurus jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) di 12 kabupaten di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Axana Hotel yang terletak di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumbar, Rabu (5/4). (Foto: Ist)
Pengukuhan pengurus jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) di 12 kabupaten di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Axana Hotel yang terletak di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumbar, Rabu (5/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia terus meluas dan menguat. Ini terjadi setelah dikukuhkannya pengurus jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) di 12 kabupaten di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). 

Pengukuhan dilakukan di Axana Hotel yang terletak di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumbar pada Rabu (5/4). Ratusan warga desa dari 12 kabupaten di Sumbar hadir dalam pengukuhan tersebut. 

Ketua DPW Des Ganjar Sumatera Barat, Iswandi mengatakan, alasan relawan dari desa mendukung Ganjar adalah karena pria dengan ciri khas rambut putihnya tersebut dinilai sebagai pemimpin yang paham dengan permasalahan desa.

Sosok yang dikenal bermasyarakat dan dekat dengan semua kalangan ini, sebut Iswandi, juga sangat peduli dan perhatian terhadap masyarakat di desa. Ganjar selalu mendukung kemajuan dari desa-desa yang dipimpinnya. 

Baca juga : Majukan Desa Budaya, Lembaga Adat Dayak Kenyah Dukung IKN

"Itu sudah dilaksanakan di Jawa Tengah, dan itu sudah teruji. Kami ingin dengan skala yang lebih besar, makanya kami menyatakan dukungan untuk beliau menjadi calon presiden," kata Iswandi. 

Dia juga mengapresiasi perjuangan Ganjar yang dinilai telah memfasilitasi dan merealisasikan aspirasi aparatur pemerintah desa di Indonesia dalam pembentukan UU tentang Desa.

Ganjar diketahui terlibat dalam pengesahan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2015 tentang Desa. Hal tersebut dilakukan Ganjar saat masih duduk sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

"Sehingga kami di desa merasakan keseluruhan manfaat dan apa dampak dari Undang-Undang Desa tersebut," katanya. 

Baca juga : Dipercaya Mampu Urus Ekonomi, Perempuan Dukung Airlangga Nyapres

Lebih lanjut, Iswandi berharap Ganjar bisa menjadi presiden pada 2024, dan membawa program-programnya yang berhubungan dengan desa, ke kancah nasional, khususnya ke Sumbar. 

"Kami berharap kalau seandainya Pak Ganjar terpilih menjadi presiden, apa yang beliau lakukan di Jawa Tengah, demi kesejahteraan Jawa Tengah, kami ingin merasakan juga di Sumbar. Terutama di daerah-daerah di tempat kami, yang ingin bagaimana program-program desa itu bisa merata," harapnya. 

Sebab itu, Des Ganjar Sumbar berkomitmen untuk mensosialisasikan figur Ganjar hingga ke desa-desa. Untuk menjalankan misi ini, Des Ganjar Sumbar telah membentuk Tim Tujuh dalam acara pengukuhannya. Tim ini, disebut Iswandi, yang nantinya akan bertugas mensosialisasikan sosok Ganjar di 12 kabupaten di Sumbar. 

Aktif Bangun Desa

Baca juga : Warga Sukabumi Senang Diajarkan Kowarteg Dukung Ganjar Masak Bihun Khas Warteg

Bukan sekadar memberikan dukungan untuk Ganjar, relawan ini juga berkomitmen untuk ikut aktif dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat desa. 

"Kami sudah melakukan kegiatan di beberapa wilayah. Sifatnya sosial. Apapun kegiatan masyarakat yang bisa kami bantu, kami akan siap membantunya," tegas Iswandi. 

Selain itu, dalam ikrar yang dibacakan dalam pengukuhannya, para relawan Des Ganjar menyatakan akan setia pada Pancasila, UUD 1945, saling sayang dan saling jaga, serta menjunjung tinggi toleransi, semangat persatuan, kesatuan bangsa dan negara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.