Dark/Light Mode

Dipercaya Mampu Urus Ekonomi, Perempuan Dukung Airlangga Nyapres

Rabu, 5 April 2023 21:35 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilu 2024 semakin dekat. Sejumlah tokoh yang digadang-gadang sebagai calon presiden dan wakil presiden juga sudah mulai bersafari. Semua dilakukan untuk mendongkrak elektabilitasnya.

Di sisi lain, masyarakat juga melihat sosok capres dan cawapres dari kinerjanya selama ini. Sejumlah tokoh yang memiliki track record mumpuni tentu tak kesulitan untuk mendapat suara masyarakat.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Warna Institute, Frika Faudilah, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (5/3).

Baca juga : Kukuhkan Pengurus, Des Ganjar Jambi Perluas Dukungan Ganjar Presiden 2024

Pihaknya menggelar survei terkait preferensi kaum perempuan terhadap pilihan parpol dan tokoh capres. Survei ini mengambil sampel sebanyak 2280 kaum perempuan yang sudah memiliki hak pilih, atau sudah berusia 17 tahun di di 442 kabupaten/kota di Indonesia.

Hasilnya, menurut kaum perempuan pejabat negara yang sangat peduli dengan perbaikan perekonomian keluarga mereka adalah Presiden Jokowi. Kepala Negara dianggap oleh 48,8 persen kaum perempuan sebagai tokoh yang peduli dengan perekonomian keluarga mereka di saat Covid-19.

Lalu di urutan kedua sebanyak 30,6 persen menyebut nama Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang peduli dalam pemulihan ekonomi mereka. Sedangkan tokoh lainnya dianggap peduli dengan perekonomian keluarga mereka kurang dari 20,6 persen.

Baca juga : Ditanya Soal Pertemuan Dengan Prabowo, Sandi Nggak Banyak Omong

"Seperti Prabowo Subianto, Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil," kata Frika.

Artinya, tambah Frika, yang diinginkan oleh kaum perempuan adalah tokoh yang mampu dan sudah punya pengalaman mengelola perekonomian nasional.

Hal ini tercermin dari jawaban 98,4 persen kaum perempuan ketika ditanyakan kriteria presiden setelah Jokowi. Mereka beralasan agar dapur mereka terus ngebul dan pendapatan keluarga bisa bertambah.

Baca juga : Survei TBRC: Golkar Menang Pileg, Airlangga Menang Pilpres

"Simulasi pilihan parpol secara tertutup oleh kaum perempuan tingkat keterpilihan Golkar tertinggi dipilih sebanyak 20,8 persen, kemudian Gerindra 17,3 persen, PDIP jadi 16,1 persen, Demokrat 10,3 persen, PKB 8,1 persen, NasDem 7,1 persen, Perindo 4,3 persen, PKS 4,1 persen, PPP 3,2 persen, PAN 2,2 persen, dan gabungan parpol lainnya 4,9 persen. Sedangkan tidak memilih 1,6 persen," papar Frika.

Sementara itu, untuk bakal calon presiden ke delapan tokoh yang dipilih oleh kaum perempuan jika Pilpres digelar hari ini dengan simulasi nama-nama tercantum dalam kuisioner, maka hasilnya nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dipilih sebanyak 32,8 persen.

"Prabowo Subianto 26,9 persen, Anies Baswedan 7,3 persen, Ganjar Pranowo 7,1 persen, Puan Maharani 5,7 persen, Muhaimin Iskandar 4,3, dan Agus Harimurti Yudhoyono 3,1 persen, dan yang tidak memilih 12,8 persen," tutup dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.