Dark/Light Mode

Survei LSI: Simulasi 19 Nama, Ganjar Peringkat Pertama

Minggu, 9 April 2023 17:21 WIB
Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan. (Foto: YouTube)
Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan. (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas bakal calon presiden pada Pilpres 2024. Hasilnya, Ganjar Pranowo berada di peringkat pertama dalam simulasi 19 nama.

Direktur LSI Djayadi Hanan menyampaikan, elektabilitas Ganjar dalam simulasi 19 nama mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Ganjar paling banyak dipilih sebesar 19,8 persen. Kemudian Prabowo sebesar 19,3 persen, Anies Baswedan sebesar 18,4 persen," ujar Djayadi dalam rilis yang disiarkan melalui YouTube, Minggu (9/4).

Djayadi menyampaikan elektabilitas bakal capres peringkat empat dan seterusnya. Yakni, Ridwan Kamil (5,8 persen); Sandiaga Uno (2,9 persen); Gibran Rakabuming (2,7 persen); Mahfud MD (2,3 persen); dan Erick Thohir (2,1 persen).

Baca juga : Wagub Jabar: Bulan Ramadan Momentum Tingkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

Selanjutnya, Agus Harimurti Yudhoyono (2 persen); Puan Maharani (1,4 persen); Airlangga Hartarto (0,9 persen); Gatot Nurmantyo (0,6 persen);  danTri Rismaharini (0,6 persen).

Lalu, Maruf Amin (0,5 persen); Khofifah Indar Parawansa (0,4 persen); Muhaimin Iskandar (0,3 persen); Budi Gunawan (0,1 persen), Bambang Soesatyo (0,1 persen), dan Tito Karnavian (0 persen).

"Sekitar 19,8 persen belum menunjukkan pilihannya," tuturnya.

Perolehan Ganjar, Prabowo dan Anies hanya terpaut tak lebih dari dua persen, sedangkan 16 nama lainnya terpaut jauh dengan memperoleh kurang dari 6 persen suara.

Baca juga : Ganjar Jungkir Balik Tahan Kemerosotan

Djayadi pun menarik kesimpulan, Ganjar, Prabowo, dan Anies sama-sama kuat. Dia mengatakan, pada dasar temuan survei LSI itu menunjukkan bahwa tidak ada yang jauh lebih unggul antara tiga calon presiden potensial itu.

"Pilihan presiden kalau simulasi 19 nama terjadi dead hit, sama kuat boleh bilang, antara tiga nama teratas," ungkap Djayadi.

Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Survei diselenggarakan pada 31 Maret hingga 4 April 2023. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

Baca juga : Raka Sandi: Timsel Cabawaslu Harus Utamakan Orang-Orang Berintegritas

RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.229 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.