Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei NEW INDONESIA: Elektabilitas Ganjar Terus Naik, Prabowo Rebound, Anies Turun

Rabu, 29 Maret 2023 10:29 WIB
Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo terus bergerak naik, kini mencapai 25,4 persen. Sementera itu Prabowo Subianto naik menjadi 21,0 persen setelah sebelumnya sempat turun, atau mengalami rebound.(Foto: Ist)
Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo terus bergerak naik, kini mencapai 25,4 persen. Sementera itu Prabowo Subianto naik menjadi 21,0 persen setelah sebelumnya sempat turun, atau mengalami rebound.(Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peta politik menuju Pemilu 2024 masih terus berlangsung dinamis. Sikap Presiden Jokowi yang memberikan dukungan terhadap sejumlah tokoh untuk maju sebagai bakal calon presiden membuahkan insentif elektoral.

Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo terus bergerak naik, kini mencapai 25,4 persen. Sementara itu Prabowo Subianto naik menjadi 21,0 persen setelah sebelumnya sempat turun, atau mengalami rebound.

Belakangan mengemuka skenario Prabowo berpasangan dengan Ganjar, di mana PDIP tampak mulai melunak terhadap Ganjar. Prabowo-Ganjar menjadi duet yang potensial untuk menghadang Anies Baswedan, yang kini elektabilitasnya turun menjadi 16,8 persen.

“Ganjar terus mengalami kenaikan elektabilitas, sedangkan Prabowo rebound dan Anies bergerak turun,” ungkap Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research & Consulting Andreas Nuryono dalam siaran pers di Jakarta, pada Rabu (29/3).

Menurut Andreas, konsistensi pergerakan elektalitas Ganjar yang terus mengalami kenaikan tidak pelak menjadi bahan pertimbangan bagi PDIP untuk mengusungnya sebagai capres.

“Jika PDIP ingin menang, Ganjar adalah pilihan paling rasional,” tandas Andreas.

Baca juga : Survei NEW INDONESIA:PDIP-Gerindra-Golkar Tiga Besar, PSI Tembus 6 Persen

PDIP telah memenangkan pemilu selama dua kali berturut-turut, dan bertekad untuk menciptakan hattrick pada Pemilu 2024 mendatang.

“Mengusung Ganjar sebagai capres memperkuat peluang PDIP untuk berkuasa hingga tiga periode lamanya,” lanjut Andreas.

Jika jadi koalisi dengan Gerindra, persoalan berikutnya adalah siapa yang bakal menjadi capres.

“Gerindra tentu menginginkan Prabowo sebagai capres, tapi apakah PDIP cukup puas hanya mendapat jatah cawapres, dalam hal ini Ganjar?” Andreas mempertanyakan.

Apapun itu, baik skenario Prabowo-Ganjar maupun Ganjar-Prabowo dinilai paling kuat untuk mengimbangi Anies.

“Lebih-lebih dukungan terhadap Anies tampak telah melewati puncak, meskipun masih harus dilihat hingga jadwal pendaftaran resmi dari KPU,” jelas Andreas.

Baca juga : Ini Faktor Utama Yang Bikin Elektabilitas Prabowo Rebound & Salip Anies

Tokoh lain yang mengalami rebound adalah Ridwan Kamil (5,5 persen) dan Sandiaga Uno (4,5 persen), sedangkan Agus Harimurti Yudhoyono turun sedikit (4,8 persen).

“Sandi salah satu menteri di kabinet Jokowi yang juga di-endorse untuk maju nyapres,” terang Andreas.

Sedangkan RK tertolong oleh keputusannya untuk bergabung ke Golkar.

“Sementara itu AHY masih harus berjuang untuk mempertahankan elektabilitasnya, jika ingin mendapatkan tiket cawapres berpasangan dengan Anies,” tegas Andreas.

Nama-nama lain yang masuk dalam bursa capres adalah Erick Thohir (3,0 persen), Puan Maharani (2,8 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (2,6 persen).

“Naiknya elektabilitas Erick memperkuat peluangnya untuk berebut tiket cawapres,” Andreas menerangkan.

Baca juga : Survei Indikator: Mayoritas Pemilih PDIP Ingin Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024

Peluang sebagai cawapres juga tampak dimiliki oleh Khofifah, yang menjadi pertimbangan bagi koalisi pendukung Anies.

“Sebaliknya, elektabilitas Puan tergerus, sehingga pilihan PDIP untuk mengusung Ganjar makin mendapatkan pembenaran,” pungkas Andreas.

Nama-nama lain adalah Airlangga Hartarto (1,5 persen), Andika Perkasa (1,3 persen), Yenny Wahid (1,1 persen), dan Mahfud MD (1,0 persen). Sejumlah tokoh lain meraih elektabilitas di bawah 1 persen, dan sisanya menyatakan tidak tahu/tidak jawab sebanyak 8,0 persen.

Survei NEW INDONESIA Research & Consulting dilakukan pada 15-22 Maret 2023 terhadap 1200 orang mewakili seluruh provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.