Dark/Light Mode

Pengamat: Keakraban Jokowi Dengan Ganjar, Sinyal Tak Ada Keretakan

Selasa, 11 April 2023 19:23 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat harmonis dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di tengah polemik keputusan FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Jokowi tampak mengajak Ganjar dalam sejumlah kunjungan kerja di Jawa Tengah dalam beberapa hari terakhir.

Pengamat Politik SMRC Saidiman Ahmad menilai, keakraban Jokowi dengan Ganjar membuktikan bahwa tidak ada keretakan hubungan antara kedua tokoh tersebut.

Dia menyebut polemik tidak bisa dikaitkan dengan kedekatan keduanya.

"Saya tak melihat ada kerenggangan dengan Ganjar," ujar Saidiman kepada wartawan.

Baca juga : Ganjar Tegas Larang Warga Produksi Petasan

Saidiman menjelaskan, sikap Ganjar menolak keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 di Israel merupakan sikap partainya, yakni PDIP.

Diketahui, Jokowi juga merupakan kader PDIP. Kemudian, dia juga mengingatkan sikap menolak Israel bisa jadi berkaitan dengan keamanan yang berpotensi ditimbulkan. Misalnya, momentum bagi teroris untuk melancarkan aksinya.

Jika potensi itu terbukti pada akhirnya akan menjadi pukulan bagi pemerintah Jokowi.

"Jadi saya mungkin kurang sepakat ada perbedaan antara Pak Jokowi dengan kader yang lain. Menurut saya tidak, saya percaya mereka sudah kalkulasi dampak negatif dan positif dari kehadiran Israel," bebernya. 

Lebih lanjut, Saidiman menilai keakraban Jokowi dengan Ganjar yang masih terjadi pasca keputusan FIFA erat kaitannya dengan Pilpres 2024.

Baca juga : Jokowi Dan Ganjar Shalat Tarawih Bersama Di Masjid Syekh Al Zayed

Jokowi seolah menempatkan Ganjar sebagai tokoh yang paling potensial untuk meneruskan kepemimpinannya. Ganjar dianggap paling layak untuk meneruskan program besar Jokowi.

Seperti membangun Ibu Kota Negara baru, kereta cepat Jakarta-Bandung, hingga mewujudkan Indonesia emas pada 2045.

Pandangan bahwa Ganjar adalah penerus Jokowi juga tergambar dari hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia.

Data survei yang dilakukan pasca keputusan FIFA memperlihatkan bahwa 39,3 persen pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 memilih Ganjar.

"Saya tak melihat sosok di luar Ganjar yang lebih sempurna merepresentasikan kelompok politik Jokowi. Selain bahwa ia secara formal adalah kader PDIP sama dengan Jokowi," beber Saidiman.

Baca juga : Layani Penerbangan Umrah dan Haji, 3 Menteri Jokowi Cek Kesiapan Bandara Kertajati

"Yang kedua, kalau kita lihat karakter Jokowi sama dengan Ganjar, sama-sama berasal dari kepala daerah yang sukses di Jateng. Menurut publik di Jateng ya Pak Ganjar dianggap gubernur yang sukses, punya karakter yang sama dengan Jokowi," tambahnya.

Lebih dari itu, Saidiman meyakini Jokowi bakal tetap menempatkan Ganjar di peringkat pertama sosok yang didukungnya pada Pilpres 2024.

Meski, di saat bersamaan menjalin komunikasi dengan tokoh seperti Prabowo Subianto dan ketua parpol lain. Komunikasi yang dilakukan Jokowi pun juga dianggap sebagai upaya menjaga koalisi tetap solid.

"Kalau kita lihat di antara tokoh yang potensial dan dipercaya melanjutkan kepemimpinan Pak Jokowi, saya melihat masih pada sosok Ganjar, bukan pada yang lain. Kalaupun dia terlihat mengendorse juga Pak Prabowo, menyebut Airlangga dan nama-nama lain, tapi saya masih melihat bahwa kader yang paling mendekati Jokowi adalah Ganjar," tandas Saidiman. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.