Dark/Light Mode

Jumatan Bareng Di Solo

Jokowi Duluan, Ganjar Nyusul

Sabtu, 8 April 2023 08:58 WIB
Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Jan Ethes usai Salat Jumat d Masjid Raya Sheikh Zayed, Jumat (7/4). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Jan Ethes usai Salat Jumat d Masjid Raya Sheikh Zayed, Jumat (7/4). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi "pulang kampung" ke Solo, Jawa Tengah. Kedatangan Jokowi disambut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam kunjungan itu, Jokowi melaksanakan Salat Jumat di Masjid Raya Sheikh Zayed. Jokowi tiba di masjid duluan, sedangkan Ganjar belakangan.

Jokowi tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, dengan menumpangi pesawat Kepresidenan, Kamis (6/4). Ganjar menyambut Kepala Negara dengan mengenakan pakaian adat Samin. Ganjar, yang memasang wajah full senyum, lalu menyalami Jokowi.

Di momen ini, Jokowi dan Ganjar sempat mengobrol santai. Ganjar mengatakan, Jokowi sudah rindu sang cucu, Jan Ethes, di Solo.

"Rupanya Pak Presiden sudah kangen sama cucu sehingga sepertinya akan bersama cucu selama long weekend di Solo ini. Jadi tadi lebih pada acara yang lebih santai begitu,” kata Ganjar.

Kemarin, Jokowi melaksanakan Salat Jumat di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo. Jokowi tiba pukul 11.20 WIB. Mengenakan baju koko berwarna putih, celana hitam, lengkap dengan peci hitam.

Baca juga : Jokowi Happy Pangan Aman Harga Turun

Jokowi datang ditemani cucunya, Jan Ethes. Ada juga Wali Kota Solo yang juga putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Di dalam masjid telah disiapkan area VVIP yang berada di belakang imam salat.

Beberapa saat kemudian, Ganjar datang ke masjid menyusul Jokowi. Ganjar lalu "memepet" Jokowi sambil menerangkan sesuatu. Jokowi terlihat mendengarkan sambil menuntun Jan Ethes. Setibanya di dalam masjid, Jokowi duduk bersampingan dengan cucunya dan juga Ganjar.

Seusai Salat Jumat, Ganjar mengungkap isi obrolan dengan Jokowi. "Tadi ngobrol banyak. Pembicaraannya ya soal Salat Jumat. Saya agak terlambat tadi, beliau datang lebih dulu, jadi saya ngejar. Wah, udah agak penuh. Jadi masuk lewat samping," ucap Ganjar.

Ketika ditanya terkait obrolan khusus, Ganjar berkelit. Kata politisi PDIP itu, tidak ada obrolan serius dengan Jokowi. Keduanya hanya mengobrol santai soal kegiatan Presiden selama di Solo.

"Pak Presiden kayaknya mau kangen-kangenan sama cucu, jadi mau jalan-jalan. Malah saya diminta jalan sendiri. 'Pak Gub mau ke mana?' beliau justru tanya saya," tambah dia.

Baca juga : Relawan Desa Sumbar Perkuat Dukungan Ganjar Presiden 2024

Kepada Jokowi, Ganjar sempat mengatakan akan mengecek persiapan Lebaran Idul Fitri. Antara lain kesiapan rest area, terminal, stasiun, dan tempat pariwisata. "Tadi Pak Presiden langsung bilang, 'betul itu Pak Gub'. Pariwisata dicek. Jadi ini nanti saya mau pasar, mall, tempat pariwisata dan lainnya," ujar politisi PDIP itu.

Ditanya soal apakah Ganjar membicarakan soal sepak bola, ia hanya tersenyum. Ganjar kembali mengatakan, obrolannya dengan Jokowi lebih banyak membicarakan soal kesiapan menjelang libur Lebaran.

"Nggak, kalau soal bola kan PSSI lagi di sana. Saya komunikasi dengan PSSI, mudah-mudahan PSSI akan mendapatkan hasil yang paling baik. Bola kita lebih maju," ucapnya.

Pertemuan Jokowi dengan Ganjar ini ramai dikomentari warganet, terutama dari para pendukung Ganjar untuk Pilpres 2024. Mereka senang, sebab jagoannya masih akrab dengan Jokowi meski keduanya sempat berbeda perihal keikutsertaan Israel di ajang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

"Alhamdulillah. Pas. Seiring dan sejalan. Senior didampingi penerus. Biarkan para haters mengaung, Pak Ganjar tetap penerus Pak Jokowi," tulis @gatitulus.

Baca juga : Jokowi Hibur Garuda Muda

"Alhamdulillah Pak Ganjar dan Pak Jokowi terlihat sangat akrab dan harmonis," timpal @trishtayn.

Namun, banyak juga haters Ganjar yang berkomentar. "Bisa ya kaya nggak ada apa-apa. Padahal beliau (Jokowi) sudah dibuat kecewa karena usaha selama tiga tahun persiapan Pildun, digagalkan Cari muka ya memang harus gitu," cuita @acin0730.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.