Dark/Light Mode

Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Asin Dan Salurkan Bantuan Garam Bata Di Jepara

Rabu, 12 April 2023 18:03 WIB
Sukarelawan Mak Ganjar memberikan pelatihan pembuatan ikan asin bagi masyarakat di Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Rabu (12/4). (Foto: Ist)
Sukarelawan Mak Ganjar memberikan pelatihan pembuatan ikan asin bagi masyarakat di Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Rabu (12/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Mak Ganjar memberikan pelatihan pembuatan ikan asin bagi masyarakat di Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

Koodinator wilayah Mak Ganjar Jawa Tengah Pancawati mengatakan pelatihan ini bertujuan agar masyarakat bisa membuat ikan kering untuk dijual dan di konsumsi.

Mereka juga mendorong para pelaku UMKM di bidang ikan asin mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka.

“Di sini mayoritas masyarakatnya mengolah hasil laut karena merupakan masyarakat pesisir, untuk itu kami dorong dengan peningkatan pengetahuan, dan keterampilan dalam mengolah hasil laut tersebut,” ungkap Pancawati seusai kegiatan, Rabu (12/4).

Baca juga : ASDP Salurkan Paket Sembako Murah dan Hadirkan Bazaar UMKM

Menurut Pancawati, kegiatan tersebut mendatangkan narasumber yang memiliki keahlian dalam mengolah hasil laut menjadi berbagai produk, sehingga para pelaku UMKM memiliki variasi produk untuk memenuhi kebutuhan pasar dan dan meningkatkan daya saing.

“Semoga setelah kegiatan ini pelaku UMKM lebih memiliki krativitas dalam mengolah hasil laut baik dari segi produksi dan promosi,” tegasnya.

Pancawati menambahkan Mak Ganjar ikut serta mempromosikan produk UMKM di wilayah Jateng, khususnya ikan kering yang diproduksi masyarakat di sana. 

"Kami juga membantu mempromosikan," imbuh dia. 

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Pengelolaan Hingga Beri Mesin Dan Toren Air

Salah satu peserta pelatihan, Nurhalimah mengungkapkan sukarelawan Mak Ganjar sudah banyak membantu para pelaku UMKM di Jawa Tengah khususnya di Desa Sinanggul. 

Nurhalimah menyampaikan terima kasih kepada Mak Ganjar yang konsisten membantu masyarakat hingga pelaku UMKM. 

“Mak Ganjar konsisten memfasilitasi kami untuk menjadi UMKM yang unggul melalui program pelatihan seperti ini,” ujar Nurhalimah.

Dalam pelatihan dilakukan penyampaian teori dan bahan yang diperlukan dalam membuat ikan kering, seperti ikan segar, garam hingga bambu untuk menjemur. 

Baca juga : Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Pastikan Wujudkan Mudik Aman Untuk Masyarakat

Mak Ganjar menyalurkan bantuan garam bata sebagai bahan membuat ikan asin. Masyarakat antusias mengikuti kegiatan ini. 

Usai praktek pembuatan ikan, Mak Ganjar turut meninjau pembuatan ikan asin di Desa Jambu. Mereka berdiskusi tentang pengolahan ikan asin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.