Dark/Light Mode

Meriahkan Sisa Ramadan

Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut Adakan Pesantren Kilat

Jumat, 14 April 2023 15:33 WIB
Pendukung Ganjar Pranowo menggelar kegiatan pesantren kilat untuk memeriahkan sisa Ramadan di Madrasah Al-Ihsan di Desa Pertumbukan, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumut, Jumat (14/4). (Foto: Ist)
Pendukung Ganjar Pranowo menggelar kegiatan pesantren kilat untuk memeriahkan sisa Ramadan di Madrasah Al-Ihsan di Desa Pertumbukan, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumut, Jumat (14/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ramadan 1444 Hijriah telah memasuki hari ke 23. Menyisakan waktu ibadah puasa yang tinggal beberapa hari lagi, sukarelawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumatera Utara pun memanfaatkan betul sisa waktu ini. 

Pada Jumat (14/4), pendukung Ganjar Pranowo itu menggelar kegiatan pesantren kilat untuk memeriahkan sisa Ramadan di Madrasah Al-Ihsan di Desa Pertumbukan, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumut. 

TGS Ganjar Sumut turut bekerja sama dengan komunitas Remaja Masjid Nurul Yakin dalam penyelenggaraan pesantren kilat yang diikuti oleh ratusan siswa madrasah ini. 

Koordinator Wilayah TGS Ganjar Sumut, Zulpi Andika mengatakan, terdapat berbagai materi pembelajaran yang diajarkan kepada para siswa dalam pesantren kilat ini. 

Baca juga : Ganjar Berupaya Wujudkan Keadilan Sosial

"Seperti materi tentang tauhid, tentang spiritual, tentang kepemimpinan, hingga surah nabawiyah," kata Zulpi. 

Materi-materi tersebut disampaikan oleh ustaz dan tokoh agama yang telah disiapkan oleh relawan TGS Ganjar. Pembelajaran yang interaktif diterapkan dalam penyampaian materi. 

Selain guna mendapat keberkahan Ramadan, kegiatan itu juga diharapkan bisa memperkuat tali silaturahmi, dan menambah wawasan para peserta lewat materi keagamaan yang dipaparkan dalam pesantren kilat tersebut.

"Mereka ini kan generasi remaja yang masih labil secara emosional. Makanya melaluinya wadah pesantren kilat ini, dengan bertambahnya wawasan mereka, ini jadi langkah antisipasi agar ke depannya mereka jadi lebih baik dan terjebak dalam pergaulan bebas yang sangat rentan," sebut Zulpi. 

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Sumut Berikan Bantuan Material

Selain pembelajaran materi, pesantren kilat tersebut juga menyajikan penampilan nyanyian selawat dari para siswa madrasah, dan permainan interaktif dari pemateri. 

Relawan TGS Ganjar Sumut juga turut memberikan bantuan mushaf Al-Qur’an dan buku-buku bacaan tentang Islam kepada pihak madrasah. Zulpi menyebut, dirinya ingin agar para siswa bisa membaca buku-buku yang telah diberikannya tersebut. 

“Kami harapkan bisa menjadi motivasi ke peserta terhadap pentingnya ilmu dan wawasan tentang keislaman. Karena mereka bakal menjadi pemimpin-pemimpin yang harus disiapkan untuk negara ini," ujar Zulpi

Kegiatan ini, disebut Zulpi terinspirasi dari sosok yang mereka kagumi, yakni Ganjar Pranowo. Ganjar merupakan pemimpin yang dikenal atas kedekatannya para rakyat, dan gemar memberikan bantuan kepada rakyatnya. 

Baca juga : Tjen Jung Sen Group Salurkan 250 Sembako Ke Warga Pakuhaji

Sebab itu, relawan juga mensosialisasikan sosok Ganjar dan berbagai program inovatifnya dalam kunjungan mereka di madrasah tersebut. 

Relawan TGS Ganjar Sumut berkomitmen untuk terus melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Terkhusus di Bulan Ramadan, relawan yang beranggotakan para Tuan Guru pendukung Ganjar dari berbagai daerah di Sumut ini akan mengebut aksi-aksinya di sisa Ramadan. 

"Rencana berikutnya, seperti buka puasa bersama, sahur bersama, hingga pesantren kilat. Kami melaksanakan kegiatan ini di berbagai wilayah di Sumatera Utara. Seperti di Deli Serdang, Langkat, Serdang Bedagai, dan nanti akan kita ekspansi ke daerah lain," tegasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.