Dark/Light Mode

Tertinggi Dalam 9 Tahun

Survei Indikator: Tingkat Kepuasan Terhadap Jokowi Tembus 78,5 Persen

Minggu, 30 April 2023 16:01 WIB
Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang dirilis hari ini menyebut, tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi mencapai 78,5 persen. (Foto: Istimewa)
Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang dirilis hari ini menyebut, tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi mencapai 78,5 persen. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei teranyar Indikator Politik Indonesia yang dirilis hari ini menyebutkan, tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi mencapai rekor tertinggi 78,5 persen.

"Jadi, sejak sembilan tahun terakhir kami melakukan survei pada masa pemerintahan Pak Jokowi, ini adalah rekor approval tertinggi," kata Burhanuddin dalam rilis survei nasional bertajuk Korelasi Antara Approval Rating Presiden dan Dukungan Atas Capres dan Partai Jelang 2024, Minggu (30/4).

 

Tren peningkatan kinerja Presiden Jokowi, sejak Januari 2015. (Foto: Istimewa)

Baca juga : Survei Indikator: Jika Pilpres Diadakan Sekarang, Prabowo Menang Dengan 32,7 Persen

 

Hasil survei tersebut juga memaparkan lima hal utama, yang membuat publik puas dengan kinerja Jokowi. Berikut rinciannya:

  1. Memberi bantuan pada rakyat kecil (40,7 persen)
  2. Membangun infrastruktur jalan (21,8 persen)
  3. Orangnya merakyat (6,8 persen)
  4. Mengurangi kemiskinan (4,4 persen)
  5. Kinerjanya sudah bagus (3,3 persen)

Survei yang dijalankan pada 11-17 April 2023 ini, mengambil populasi seluruh WNI yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Baca juga : Survei Indikator Politik: Kepuasan Terhadap Jokowi Capai Level Tertinggi Dalam 8 Tahun Terakhir

Penarikan sampel berjumlah 1.220 orang ini, dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling. Sampel berasal dari seluruh provinsi, yang terdistribusi secara proporsional.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Baca juga : Budi Arie: Tingkat Kepuasan Tinggi, Bukti Jokowi Setia Di Garis Rakyat

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random, sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.