Dark/Light Mode

Hardiknas 2023

MIND ID Sukseskan Gerakan Merdeka Belajar

Rabu, 3 Mei 2023 22:08 WIB
Ilustrasi keikutsertaan MIND ID gerakkan program Merdeka Belajar. (Foto: MIND ID)
Ilustrasi keikutsertaan MIND ID gerakkan program Merdeka Belajar. (Foto: MIND ID)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sesuai tema Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini, yakni “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, MIND ID memaknainya dengan ikut andil dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

BUMN Holding Industri Pertambangan ini menaruh perhatian besar pada sektor pendidikan, terutama di wilayah sekitar operasional tambang.

Diantaranya dengan memberikan beasiswa pendidikan kepada lebih dari 6.000 siswa yang tersebar di seluruh Indonesia, dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. 

Selain itu, MIND ID juga memberikan sertifikasi guru dan program peningkatan literasi guru kepada lebih dari 600 guru. Program ini sudah berlangsung sejak tahun 2022.

Baca juga : MIND ID, Motor Penggerak Hilirisasi Mineral

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf, mengatakan bahwa holding perusahaan tambang plat merah ini punya tanggung jawab untuk mendukung dan mengembangkan pendidikan yang berkualitas di sekitar wilayah operasional pertambangan. 

Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan pada poin keempat, yaitu pendidikan berkualitas. Sejalan juga dengan pilar Peta Keberlanjutan MIND ID yang salah satunya ialah menghadirkan Pendidikan yang Berkualitas. 

"Berkontribusi pada Pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu tanggung jawab Grup MIND ID untuk disekitar wilayah operasional pertambangan," kata Heri dalam keterangannya, Rabu (3/5).

Grup MIND ID juga fokus pada pengembangan pendidikan di daerah tertinggal dan wilayah terluar, seperti memberikan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Okmin di Pegunungan Bintang, Papua. 

Baca juga : Peringati Hardiknas 2023, Mas Menteri Ajak Masyarakat Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

Tujuan dari pemberian beasiswa ini adalah agar mahasiswa yang menerima beasiswa tersebut dapat memberikan kontribusi maksimalnya untuk Papua setelah lulus.

Selain memberikan pendidikan yang berkualitas, Grup MIND ID juga memberikan pelatihan keterampilan kepada warga sekitar operasional, seperti pelatihan keterampilan membatik, pelatihan dan pendidikan alat berat, serta pelatihan uji sertifikasi surat ijin operasi forklift. 

“MIND ID tidak hanya menghadirkan Pendidikan dari tingkat menengah, bahkan tingkat tinggi, serta pembekalan ketrampilan, sehingga warga sekitar bisa terlibat secara langsung di rantai bisnis Perusahaan,” tambah Heri.    

Hal ini diharapkan dapat membantu warga sekitar menjadi lebih produktif dan terlibat dalam rangkaian bisnis perusahaan.

Baca juga : Peringatan Hardiknas 2023: Momentum Pembuktian Efektivitas Merdeka Belajar

MIND ID berharap bahwa rangkaian program tanggung jawab sosial yang dilakukan dapat membantu meningkatkan pendidikan dan keterampilan masyarakat sekitar, sehingga dapat memberikan kontribusi dan kolaborasi dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah.

Di akhir pernyataannya, Heri atas nama Grup MIND ID turut mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei. Pada tahun 2023 ini diperingati pada hari Selasa, kemarin.

"Seluruh Grup MIND ID mengucapkan Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023, Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.