Dark/Light Mode

29 Guru Pengabdian PMD Gontor Kecelakaan di Sulawesi Tengah, 3 Meninggal

Kamis, 4 Mei 2023 15:56 WIB
29 Guru Pengabdian Pondok Gontor Alami Kecelakaan Fatal di Sulawesi Tengah, 3 Meninggal Dunia. (Foto: Freepik.com/jannoon028)
29 Guru Pengabdian Pondok Gontor Alami Kecelakaan Fatal di Sulawesi Tengah, 3 Meninggal Dunia. (Foto: Freepik.com/jannoon028)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 29 orang yang merupakan alumni santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo mengalami kecelakaan bus di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, pada Rabu (3/5) malam. Mereka adalah guru pengabdian di Poso, Sulawesi Tengah. 

Menurut juru bicara PMDG, Ahmad Saiful, sebanyak tiga orang dari mereka meninggal dunia dan 26 orang lainnya mengalami luka berat dan ringan dalam kecelakaan yang terjadi di kilometer 5 daerah Toboli, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Kronologi kejadian, dijelaskan Saiful, dari awal perjalanan rombongan pada pukul 19.00 WITA dari Bandara Mutiara Sis Al-Jufri menuju Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 11 Putra Ittihadul Ummah Poso. 

Baca juga : Kecelakaan Di Stasiun Gambir, Atlet Para Tenis Meja David Jacobs Meninggal

Kemudian, rombongan berhenti makan malam bersama pada pukul 20.30 WITA dan melanjutkan perjalanan sekitar pukul 21.00 WITA menuju pondok.

Namun, sekitar pukul 22.00 WITA, bus yang ditumpangi rombongan guru pengabdian dari PMDG Gontor mengalami kecelakaan di kilometer 5 daerah Toboli, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Kepolisian melaporkan bahwa supir bus yang ingin mendahului mobil di depannya, kemudian salah belok ke arah jurang. Evakuasi korban dibantu oleh tim SAR, petugas kepolisian, IKPM terdekat, dan masyarakat setempat. Semua korban dibawa ke RSUD Anuntaloko Parigi menggunakan ambulans RSUD dan puskesmas setempat untuk mendapatkan penanganan medis.

Baca juga : Sebelum Dicapreskan PDIP, Ganjar Beberkan Sederet Tugas dari Mega

"Keluarga korban meminta untuk di bawa ke rumah masing-masing, yaitu Palembang dan Riau. Adapun keluarga korban asal Manado meminta jenazah agar diantarkan ke Mamuju," kata Saiful dilansir Antara.

PMD Gontor akan mengurus seluruh proses administrasi yang dibutuhkan untuk memulangkan jenazah ke kampung halaman masing-masing. Ketiga korban meninggal telah diperiksa oleh dokter dan tim forensik, kemudian dilanjutkan dengan proses pemandian, pengafanan, dan menshalatkan jenazah.

Tiga korban meninggal di lokasi kejadian diidentifikasi bernama Muhammad Fathir asal Manado, Gustian Erlangga asal Palembang, dan Muhammad Rizky Pratama asal Riau.

Baca juga : KSP Dorong Penguatan Listrik Tenaga Nuklir Dengan Korsel

Pihak PMDG juga masih berusaha untuk mendata korban selamat yang mengalami luka ringan, sedang maupun berat untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif atau dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar untuk perawatan lebih lanjut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.