Dark/Light Mode

Sebelum Dicapreskan PDIP, Ganjar Beberkan Sederet Tugas dari Mega

Jumat, 21 April 2023 16:41 WIB
Presiden Jokowi semobil dengan Ganjar Pranowo, usai dicapreskan oleh PDI Perjuangan. (Foto: Agus Suparto)
Presiden Jokowi semobil dengan Ganjar Pranowo, usai dicapreskan oleh PDI Perjuangan. (Foto: Agus Suparto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri secara resmi telah mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang akan diusung PDIP di Pilpres 2024 mendatang. 

Ganjar mengatakan ini bukan kali pertama dirinya mendapat penugasan dari partai. Jauh sebelumnya, Ganjar mengaku telah mengemban tugas yang juga tidak kalah berat seperti sekarang. 

Baca juga : Resmi Dicapreskan Banteng, Ganjar Mantap Teruskan Program Jokowi

"Kami pernah ditugaskan partai membentuk Badiklat Pusat. Lalu partai menugaskan ke saya untuk ikut serta ke dalam membentuk badan penanggulangan bencana dan departemen otonomi daerah," kata Ganjar disaksikan Mega dan Presiden Jokowi beserta sejumlah elit PDIP di Istana Baru Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4).

"Setelah itu penugasan berikutnya menjadi anggota DPR dua periode. Sampai dengan ini masih dengan jabatan saya emban, ibu menugaskan saya jadi gubernur dua periode. Sekarang ibu kasih amanah ke saya yang jauh lebih berat, mudah-mudahan saya mampu insya Allah saya berjuang soal itu sebagi capres," tambah Ganjar. 

Baca juga : Ganjar: Kader Lahir Dari Tokoh Perempuan Hebat

Untu itu dia berjanji tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang telah diberikan Mega. "Seluruh inspirasi dari pikiran Bung Karno ini lah yang kemudian musti kita wujudkan. Tugas belum tuntas. Harus kita tuntaskan oleh anak-anak bangsa," tegas dia. 

Menurutnya spirit dalam pembukaan Undang-Undang Dasar harus diwujudkan. "Gimana negara ini bisa berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan tidak pernah lepas kita punya kepribadian dalam kebudayan. Itulah yang memberikan spirit kami," terang mantan Wakil Ketua Komisi II DPR itu. 

Baca juga : Dicapreskan PDIP, Mega Pakaikan Ganjar Peci: Simbol Rakyat Indonesia

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akhirnya resmi mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) dari PDI Perjuangan.

"Dengan sebuah kontemplasi proses panjang, memikirkan dan mencermati apa yang menjadi harapan rakyat, serta memohon petunjuk Allah, maka pada Hari Kartini ini, pada tanggal 21 April 2023, sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia yang non diskriminatif, setara, dan dijamin oleh konstitusi negara. Maka, pada jam 13.45, dengan mengucap Bismillahirohmanirrohim, menetapkan Saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai Calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," papar Mega melalui konferensi pers yang ditayangkan melalui kanal YouTube, Jumat (21/4). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.