Dark/Light Mode

Jokowi Ajak Parlemen ASEAN Perkuat Stabilitas Politik Dan Demokrasi

Rabu, 10 Mei 2023 12:53 WIB
Presiden Jokowi memimpin pertemuan pemimpin ASEAN dan AIPA, di Labuan Bajo, Rabu (10/5). (Sumber: Tangkapan Layar)
Presiden Jokowi memimpin pertemuan pemimpin ASEAN dan AIPA, di Labuan Bajo, Rabu (10/5). (Sumber: Tangkapan Layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi  menekankan pentingnya peran parlemen dalam penyusunan agenda ASEAN tahun 2045.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka sesi Pertemuan para Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Majelis Antar-Parlemen ASEAN (AIPA) di Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Rabu (10/5)

“Dalam jangka panjang, peran parlemen sangat dibutuhkan untuk menyusun agenda ASEAN tahun 2045,” ujarnya.

Baca juga : Daerah, Utamakan Infrastruktur Dong

Dalam sambutannya, para pemimpin ASEAN-AIPA, menurut Presiden, harus dapat memastikan ASEAN lebih tanggap dan tangguh dalam menghadapi tantangan yang ada sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis.

“ASEAN harus mampu lebih tanggap dan resilient menghadapi tantangan, sehingga menjadi pusat pertumbuhan dan menjadi kawasan yang aman, stabil, dan demokratis,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI ini juga menekankan, pentingnya penguatan kolaborasi antara Pemerintah dan parlemen demi terwujudnya ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

Baca juga : Jokowi Janji Perkuat Perlindungan WNI Di Luar Negeri

“Kolaborasi Pemerintah dan parlemen harus diperkuat untuk menjaga dan memperkokoh stabilitas politik dan demokrasi, guna menjamin ASEAN menjadi epicentrum of growth,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengapresiasi dukungan parlemen ASEAN dalam masa penanganan pandemi Covid -19.

“Terima kasih atas dukungan parlemen di ASEAN, sehingga kebijakan di masa darurat pandemi dapat dilakukan dengan cepat dan ASEAN dapat melewati masa kritis,” ujarnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.