Dark/Light Mode

Jokowi Bantu Lampung Perbaiki Jalan

Daerah, Utamakan Infrastruktur Dong

Rabu, 10 Mei 2023 07:45 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPR Ridwan Bae. (Foto: DPR)
Wakil Ketua Komisi V DPR Ridwan Bae. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi V DPR Ridwan Bae mendesak pembangunan infrastruktur daerah teritama jalan, terus digenjot agar masyarakat tidak kecewa. Kepala daerah mesti lebih memperhatikan kualitas jalan yang menjadi kewajiban daerah dan merupakan hak masyarakat.

Ridwan menyoroti masalah ini setelah Presiden Jokowi turun langsung meninjau jalan yang rusak dan berlubang yang viral di media sosial, di Provinsi Lam­pung. Jokowi bahkan menyindir situasi jalan yang banyak ber­lubang dan rusak, sehingga membuatnya tertidur dalam mobil dinas ditumpanginya.

Ridwan berharap, turunnya Presiden memantau situasi jalan di daerah itu membuat kepala daerah lebih memperhatikan pembangunan infrastruktur jalannya. Kepala daerah sering kali tidak memperhatikan jalan di di daerahnya dengan dalih kekurangan anggaran.

“Saya sebenarnya prihatin terhadap para gubernur, bu­pati dan wali kota yang tidak memperhatikan soal tanggung jawabnya terhadap jalan. Jangan Anggaran Pendapatan dan Be­lanja Daerah (APBD) dijadikan alasan, tameng, bahwa tidak cu­kup (APBD untuk memperbaiki jalan),” ujarnya.

Baca juga : PLN Dan Polri Kompak Amankan Infrastruktur Listrik

Ridwan heran Pemerintah Daerah justru lebih memilih menghabiskan anggarannya untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

“Seperti Sulawesi Tenggara ini lebih mengutamakan membangun gedung kantor gu­bernur dibanding jalan provinsi yang sudah sangat rusak,” katanya.

Dia menambahkan, Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah menginstruksi­kan para kader Golkar di DPR, termasuk dirinya untuk lebih memperhatikan infrastruktur di seluruh Indonesia yang ber­masalah. Instruksi diberikan jauh sebelum Presiden turun ke Lampung.

Pak Airlangga Hartarto sudah memerintahkan kepada kami anggota Komisi V (dari Fraksi) Golkar untuk memperjuang­kan agar jalan daerah dapat dibiayai oleh anggaran pendapatan negara,” pungkasnya.

Baca juga : Pj Bupati Muba Utamakan Bangun Infrastruktur Jalan

Sementara, Wakil Ketua Komisi II DPR Yanuar Prihatin berharap kebijakan Pemerintah Pusat mengambil alih sebagian pembangunan ruas jalan di Lampung dimaknai agar ke­pala daerah lebih peduli pembangunan di daerahnya.

Bukan sebaliknya, malah bertepuk tangan, gembira tang­gung jawabnya diambil alih Pemerintah pusat.

“Tepuk tangan Gubernur Lampung ini jangan sampai bermakna kegembiraan karena lepas tanggung jawab,” katanya.

Dia pun meminta Gubernur Lampung dan jajaran dapat lebih bersemangat lagi melakukan perbaikan ke depan. Untuk itu, dia mewanti-wanti agar segenap jajaran Pemda lebih peduli dan sungguh-sungguh untuk per­baikan infrastruktur setempat, khususnya jalan.

Baca juga : Irma Minta Gubernur Lampung Contoh Jokowi Dalam Bangun Infrastruktur

“Jangan lupa, di balik ucapan Jokowi ini, ada pesan yang menusuk bagi Pemerintah Provinsi Lampung lantaran dianggap tidak cukup mampu menyelesaikan infrastruktur yang satu ini,” ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.