Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perpusnas Gelar Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional 2023

Kamis, 18 Mei 2023 05:50 WIB
Ajang pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional 2023 oleh Perpusnas. (Foto: Dok. Perpusnas)
Ajang pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional 2023 oleh Perpusnas. (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 15 pustakawan mengikuti ajang pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional 2023 yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Selama tiga hari (Senin-Rabu/15-17 Mei 2023), seluruh peserta mengikuti sejumlah tahapan penilaian yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan profesionalitas kerja melalui proses wawancara dan presentasi.

Hasilnya, pustakawan Novy Diana Fauzie dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta meraih predikat terbaik pertama. Juara 2 diraih pustakawan Juznia Andriani dari Pusat Perpustakaan dan Literasi Pertanian, Kementerian Pertanian. Juara tiga direngkuh pustakawan Aris Nurohman dari Universitas Islam Negeri (UIN) Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri, Purwokerto.

Baca juga : KAI Pamer Produk Hasil UMKM Binaan Di Ajang Fest on Train 2023

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional Adin Bondar mengatakan, ajang pustakawan berprestasi adalah pemilihan putra-putri terbaik bangsa di bidang perpustakaan yang memiliki prestasi unggul dalam bidang kepustakawanan, profesional, berkepribadian baik, berdedikasi, inovatif, kreatif dan bertanggung jawab.

“Pustakawan adalah salah satu mesin penggerak perpustakaan. Peran pustakawan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Pustakawan tidak hanya melayani sirkulasi dan pengolahan buku tetapi juga dituntut untuk dapat memberikan informasi secara cepat, tepat, akurat dan efisien,” ujar Adin, Rabu malam (17/5).

Baca juga : Pelaku UMK Belajar Tren Industri Terbaru Di Event Internasional

Paradigma perpustakaan saat ini membutuhkan pustakawan-pustakawan yang adaptif dan memiliki kemampuan soft skill dan hard skill tinggi. Ekspansi peranan perpustakaan diperlukan tidak hanya sebagai information provider, namun pustakawan dituntut menjadi mentor bagi masyarakat dengan kemampuan inovasi, kreativitas untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Ketiga pemenang ajang pemilihan pustakawan berprestasi 2023 oleh Perpusnas diberikan kesempatan mengikuti ajang International Federation Library Association (IFLA), di Rotterdam, Agustus mendatang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.