Dark/Light Mode

Sambut Hangat Ibu Negara Iran, Iriana Gelar Jamuan Teh Bersama Di Kebun Raya Bogor

Selasa, 23 Mei 2023 22:34 WIB
Ibu Negara Iriana Jokowi tampak tengah berbincang akrab dengan Ibu Negara Iran Jamileh Alamolhoda, sambil menikmati jamuan minum teh di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5). (Foto: BPMI Setpres)
Ibu Negara Iriana Jokowi tampak tengah berbincang akrab dengan Ibu Negara Iran Jamileh Alamolhoda, sambil menikmati jamuan minum teh di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/5). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut hangat kedatangan Ibu Negara Republik Islam Iran, Madam Jamileh Alamolhoda, dengan jamuan minum teh di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/05).

First lady Iran ini tiba sekitar pukul 10.45 WIB, berbarengan dengan rombongan dan delegasi Presiden Republik Islam Iran Seyed Ebrahim Raisi.

Saat tiba di Istana Bogor, Iriana langsung mengajak Jamileh ke Restoran Raasaa.

Keduanya juga sempat foto-foto di pelataran restoran.

Baca juga : Sambut Presiden Iran, Jokowi Gelar Jamuan Makan Siang Di Istana Bogor

Sembari berjalan memasuki area restoran, Iriana memperkenalkan Kebun Raya Bogor kepada Madam Jamileh.

Setelah itu, Iriana juga tidak lupa memamerkan kekayaan budaya batik Indonesia. Madam Jamileh diperlihatkan sejumlah kain batik dengan motif khas Indonesia.

Selanjutnya, Ibu Iriana dan Madam Jamileh menuju tempat jamuan teh bersama.

Sambil menikmati jamuan minum teh bersama, Iriana dan Jamileh tampak berbincang-bincang dalam suasana hangat dan bersahabat.

Baca juga : Sukarelawan Ganjar Gelar Pelatihan Tanam Jagung Di Deli Serdang

Usai jamuan minum teh, Iriana kemudian mengantarkan Madam Jamileh yang akan melanjutkan perjalanan untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

Pertemuan Iriana dan Madam Jamileh ini merupakan bagian dari rangkaian dari kunjungan kenegaraan Presiden Republik Islam Iran Seyed Ebrahim Raisi, Selasa (23/5).

Ada sejumlah kesepakatan penting yang dicapai oleh Iran dan Indonesia dalam pertemuan bilateral kali ini. Diantaranya kedua negara sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis di Afghanistan.

Dalam bidang kesehatan, Jokowi dan Seyyed Ebrahim juga sepakat melakukan proyek percontohan untuk tindakan operasi telerobotik. Selain itu, proyek percontohan untuk telemedisin dan kolaborasi alat pilot di 11 puskesmas juga telah berjalan.

Baca juga : Jalin Silaturahmi, Ganjar Muda Padjajaran Gelar Tanding Bola Voli Di Kabupaten Purwakarta

Kedua pemimpin negara juga sepakat untuk melakukan alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia. Selain juga melakukan kerja sama bioteknologi dan nanoteknologi untuk kesehatan, energi, pertanian, dan lingkungan.

Dalam bidang ekonomi, Indonesia dan Iran telah menandatangani persetujuan perdagangan preferensial atau preferential trade agreement (PTA). Dokumen tersebut ditandatangani oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dan diperlihatkan di hadapan kedua presiden.

Di samping itu, Presiden Jokowi dan Presiden Raisi juga menjajaki pembentukan kesepakatan antarbisnis atau B2B, investasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), dan solusi untuk investasi sektor migas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.