Dark/Light Mode

Perkuat Eksistensi,Domain ID PANDI Resmikan Kepengurusan Baru Periode 2023-2027

Jumat, 26 Mei 2023 20:27 WIB
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) meresmikan kepengurusan baru periode 2023-2027 pada Rapat Umum Anggota ke-XXV di Bogor, Jumat (26/5). (Foto: Dok PANDI)
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) meresmikan kepengurusan baru periode 2023-2027 pada Rapat Umum Anggota ke-XXV di Bogor, Jumat (26/5). (Foto: Dok PANDI)

 Sebelumnya 
Untuk mencapai hal ini, PANDI akan terus melakukan inovasi dan kolaborasi untuk memperkuat layanan domain .id dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan Nama Domain .id,” jelas John.

Menurutnya, PANDI ke depannya diharapkan mampu terus berkembang sebagai Center of Excellence industri Nama Domain dan ekosistem internet.

PANDI diharapkan juga mampu berkembang sebagai pusat pelatihan pengembangan SDM teknologi dan sebagai contoh Best Practice penerapan pengelolaan Nama Domain dan teknologi internet yang maju.

"Hal ini dapat dicapai dengan berkontribusi secara aktif dalam riset yang komprehensif dan bekerjasama dengan dunia akademis dan para stakeholder untuk membangun ekosistem internet yang maju,” tutur John.

Selain itu, untuk mendukung kegiatan promosi atau branding, PANDI juga menyediakan inovasi berupa layanan link shortener, microsite s.id dan platform twib.id yang merupakan link shortener dan twibbon asli karya anak bangsa Indonesia.

Baca juga : Gelar Adat Mitoni, Desainer Migi Resmikan Kampung Joglo Di Tanjung Lesung

“PANDI menyediakan link shortener, microsite s.id dan platform twib.id. Layanan ini bebas biaya sehingga masyarakat dapat memanfaatkan fitur layanan yang ada di s.id dan twib.id untuk melakukan promosi atau branding di dunia digital,” ujar John.

Wahyoe Prawoto, selaku Ketua Dewan Pengawas PANDI terpilih periode 2023-2027 mengatakan, banyak pekerjaan yang harus dilakukan ke depannya agar PANDI dapat semakin berkembang dan maju.

“Banyak aspek yang harus diperhatikan agar PANDI dan Nama Domain .id dapat semakin maju dan dikenal luas, domestik dan dunia internasional," ujar Wahjoe.

Menurutnya, hal ini membutuhkan kerja keras bersama agar dapat mencapai target-target PANDI, khususnya agar jumlah Nama Domain .id yang masih berjumlah 741.937 per 30 April 2023, dapat mencapai pertumbuhan Nama Domain .id yang signifikan.

Oleh karena itu, Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus harus bisa berjalan berdampingan dengan koridornya masing-masing agar organisasi PANDI senantiasa akuntabel,” pungas Wahyoe. .

Baca juga : Bamsoet Dukung Marciano Norman Kembali Pimpin KONI Periode 2023-2027

Susunan Kepengurusan PANDI Periode 2023-2027

Dewan Pengawas

Ketua : Wahyoe

Anggota : Prawoto, Andi, Budimansyah, Helni, Mutiarsih, Jumhur

Dewan Pengurus

Baca juga : Pemprov DKI Siapkan Penghijauan Monas Rampung Pertengahan 2024

Ketua    : John Sihar

Sekretaris: Simanjuntak

Bendahara:.Yudho Giri

Anggota: Sucahyo,  A.M. Natsir,  Amal, Aidil, Chendramata,  Muhammad Arif. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.