Dark/Light Mode

Perluas Pasar UMKM Jakpus

Relawan Muslimah Ganjar Gelar Pelatihan Digital Marketing

Kamis, 8 Juni 2023 10:15 WIB
Kumpulan perempuan muslim di Jakarta yang tergabung dalam jaringan relawan Muslimah Ganjar Pranowo menggelar pelatihan digital marketing di daerah Paseban, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Rabu (7/6). (Foto: Ist)
Kumpulan perempuan muslim di Jakarta yang tergabung dalam jaringan relawan Muslimah Ganjar Pranowo menggelar pelatihan digital marketing di daerah Paseban, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Rabu (7/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kumpulan perempuan muslim di Jakarta yang tergabung dalam jaringan relawan Muslimah Ganjar Pranowo menggelar pelatihan digital marketing pada Rabu (7/6).

Pelatihan yang dilaksanakan di daerah Paseban, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat itu diikuti puluhan muslimah dari kalangan ibu-ibu. 

Koordinator Daerah Muslimah Ganjar Pranowo Kecamatan Senen, Kuswati mengatakan bahwa pelatihan digital marketing dilaksanakan di daerah tersebut karena mayoritas warga di sana adalah pelaku UMKM. 

"Di sini memang banyak pedagang-pedagang kecil, pemilik-pemilik usaha kecil, jadi di sini masih belum mengerti artinya marketing digital itu seperti apa," kata Kuswati. 

Baca juga : Kowarteg Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Kue Di Nganjuk

Kuswati menerangkan pelatihan ini digelar dengan tujuan agar para muslimah dapat memperluas pasar UMKM-nya. Menurutnya, masih banyak dari para peserta yang belum memahami apa itu digital marketing. 

"Jadi, setelah ada acara ini, jadi lebih paham untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi ke depannya. Dan lebih luas lagi," katanya. 
 
Lebih lanjut, Kuswati mengatakan bahwa seiring berkembangnya bisnis lewat digital marketing nantinya, maka keuntungan yang didapat juga akan terus bertambah. 

"Masyarakat di sini biasanya gaptek dengan hp, jadi kita ingin agar ke depannya (masyarakat) lebih pintar untuk dagang secara online. Jadi bukan hanya di lingkungan kita berjualannya," jelasnya. 

Sementara itu, pemateri dalam pelatihan tersebut, Siti Aminah mengungkapkan bahwa mengetahui cara digital marketing adalah sesuatu yang sangat penting. 

Baca juga : GGN Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Teknik Dasar Jurnalistik Bagi Santri

Dalam pelatihan tersebut, wanita yang telah berpengalaman di bidang digital tersebut mendorong para muslimah pelaku UMKM di Jakpus untuk bisa membawa usahanya mengikuti perkembangan zaman. 

Bila tidak memiliki gawai untuk memulai digital marketing, Siti mengatakan hal itu tidak menjadi masalah. Sebab, menurut Siti para pelaku UMKM tersebut bisa meminta bantuan dan bimbingan dari kerabatnya yang memiliki gawai. 

"Amat disayangkan kalau tidak dimanfaatkan literasi digitalnya. Apalagi ada whatsapp, Tiktok, Instagram, dan lain sebagainya. Itu bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas daya jual dan daya tawar," kata Siti. 

Untuk diketahui,  Muslimah Ganjar Pranowo merupakan relawan yang beranggotakan para muslimah dari berbagai kalangan usia. 

Baca juga : Mak Ganjar Banten Gelar Pertandingan Bola Voli Bersama Warga Cilegon

Selain memiliki misi untuk mensosialisasikan dan berusaha memenangkan Ganjar dalam pilpres nantinya, relawan ini juga berkomitmen untuk bisa bermanfaat kepada masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai pelatihan dan bantuan yang telah mereka berikan kepada masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.