Dark/Light Mode

Siap-siap War Tiket Gratis Kereta Cepat! Catat Tanggal dan Cara Daftar Onlinenya

Jumat, 23 Juni 2023 18:11 WIB
Kereta Cepat Jakarta Bandung KCJB yang dioperasikan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). (Foto: Tangkapan layar video Instagram @ridwankamil)
Kereta Cepat Jakarta Bandung KCJB yang dioperasikan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). (Foto: Tangkapan layar video Instagram @ridwankamil)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan segera resmi beroperasi pada tanggal 18 Agustus 2023 mendatang. Menariknya, akan ada kesempatan mendapatkan tiket gratis selama 3 bulan pertama. 

Berikut adalah beberapa informasi menarik yang perlu Anda ketahui tentang kereta cepat ini:

1. Tanggal War Tiket Kereta Cepat Gratis Dimulai

Tanggal resmi dimulainya program war tiket kereta cepat gratis ini akan bersamaan dengan peresmian kereta cepat oleh Presiden Joko Widodo. Jadi, pastikan Anda sudah mencatat tanggalnya di kalender!

Bocoran tanggal peluncuran kereta cepat ini disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melalui akun Instagram @ridwankamil.

Dia bilang bahwa layanan tarif gratis tiket kereta cepat Jakarta-Bandung akan berlangsung mulai 18 Agustus hingga Oktober 2023.

"Untuk masyarakat yang ingin mencoba Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. Dari 18 Agustus sd Oktober. Pak @luhut.pandjaitan menyetujui gagasan ini saat diusulkan ketika mengetes kecepatan  kereta cepat ini," tulis kang Emil.

2. Tiket Kereta Cepat Gratis selama 3 Bulan

Baca juga : Erick Cawapres Siapa? Ganjar Atau Prabowo? Kata Zulhas, Tunggu Tanggal Mainnya

Anda bisa merasakan pengalaman naik kereta cepat Jakarta-Bandung secara gratis selama 3 bulan pertama. 

"GRATIS SELAMA 3 BULAN PERTAMA," seru kang Emil di akun Instagramnya.

Inilah kesempatan Anda untuk mencoba fasilitas kereta cepat tanpa harus membayar tiket!

3. Kecepatan Kereta Cepat Tembus 385 km/jam

Salah satu keunggulan dari kereta cepat ini adalah kecepatannya yang dalam tes teranyar mencapai 385 km per jam. 

Hal itu diutarakan oleh Menko bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kami mencoba tadi kereta ini dari Jakarta kemari dengan kecepatan 385 kilometer per jam, sebentar, tapi rata-rata 355 kilometer per jam," kata Luhut dilansir Antara.

4. Izin Operasi Paling Lambat 1 Oktober 2023

Baca juga : Maksimalkan Kecepatan Kereta Cepat, KCIC Sempurnakan Prasarana

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menegaskan bahwa izin operasi untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diberikan paling lambat pada tanggal 1 Oktober 2023. 

Kemenhub saat ini masih melakukan serangkaian uji coba dan pengawasan intensif untuk memastikan kereta cepat ini aman dan siap beroperasi.

"Izin operasi kami berikan paling lambat 1 Oktober. Mungkin juga lebih cepat pada 18 Agustus," ujar Menhub BKS dikutip dari laman Kemenhub.

5. Dari Halim ke Padalarang Cuma 20 Menit

Pengalaman Kang Emil menumpangi kereta cepat, perjalanan dari Jakarta ke Bandung hanya memakan waktu sekitar 20-an menit jika menggunakan kereta cepat.

Perjalanan dimulai dari Stasiun Halim, Jakarta. Kang Emil merinci, untuk ke Stasiun Halim, ia menumpangi LRT dari Jalan Sudirman Jakarta.

Sementara untuk ke Bandung, saat tiba di Padalarang, bisa menaiki kereta feeder atau lanjut ke stasiun akhir di Tegalluar.

Baca juga : Puan: Segera Tindak Tegas!

"Halim-Padalarang hanya 20-an menit. Siang tadi, kami memulai perjalanan dari Jln. Sudirman Jakarta kita naik LRT ke Halim. Halim-Padalarang dengan kereta Cepat. Dan dari Padalarang ke pusat kota Bandung naik kereta feeder, atau lanjut ke stasiun akhir Tegal Luar," lanjut kang Emil lagi.

6. War Tiket via Online

Untuk mendapatkan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung, Anda dapat melakukan pendaftaran dan pembelian tiket secara online. 

Namun, hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai link pendaftaran atau pembelian tiket gratis ini. Jadi, pastikan Anda tetap mengikuti perkembangan informasi terbaru agar tidak ketinggalan kesempatan mendapatkan tiket.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.