Dark/Light Mode

Senopati Syndicate: Pasangan Sipil-Militer Masih Penting Di Pilpres 2024

Jumat, 23 Juni 2023 22:59 WIB
CEO Senopati Syndicate Raylis Sumitra. (Foto: Ist)
CEO Senopati Syndicate Raylis Sumitra. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga riset Senopati Syndicate telah melakukan pemantaun media dalam isu politik-keamanan dalam rentang waktu Juni 2022-Juni 2023. 

Hasil pemantauan medianya disampaikan di Hotel Sofyan Tebet Jakarta, Jumat (23/6).

CEO Senopati Syndicate Raylis Sumitra mengatakan, lembaganya didirikan untuk mengawal keutuhan bangsa dari berbagai ancaman domestik dan global. "Saat ini kita sedang memantau pergerakan isu di media terkait isu-isu apa saja yang mengakibatkan potensi," ujar Raylis.

Baca juga : Melesat Tajam Di Survei PPI, Gibran Ungguli Gus Yasin Di Pilkada Jateng 2024

Sementara, Direktur Eksekutif Senopati Syndicata, Robi dalam paparanya mengatakan, dari hasil monitoring media yang dilakukan, pemberitaan media masih didominasi oleh berita-berita politik menuju Pemilu 2024. Khususnya penyelenggaraan pemilu, penentuan capres dan cawapres, dan penggalangan dukungan (relawan).  

Penentuan pilihan capres oleh partai politik lebih banyak mengikuti pertimbangan hasil survei tiga kandidat yang bisa dipastikan akan bertarung dalam capres, yakni Prabowo Subijanto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Ketiganya berada dalam tiga besar tertinggi elektoralnya.

Kemudian, Robi yang juga dosen FISIP UIN Jakarta mengatakan, penentuan bakal cawapres meski juga akan mengacu kepada pertimbangan hasil survei, juga ditentukan oleh perimbangan lainnya misalkan Prabowo yang dianggap dari kalangan militer dan Ganjar dan Anies yang dianggap dari kalangan sipil. Komposisi sipil-militer masih jadi pertimbangan penting dalam menentukan capres-cawapres. 

Baca juga : Dapat Sarung Tangan Dari Kiper Emiliano Martinez, Erick Happy

Prabowo yang memilki latarbelakang militer menuju pada penggalangan dukungan sipil, khususnya tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya. Sementara tim Ganjar yang berlatarbelakang sipil menuju pada penggalangan tokoh-tokoh publik yang memiliki latarbelakang militer. Sementara tim Anies belum terlihat pergerakannya dalam pemantauan media selama satu tahun ini. 

Selain itu, Robi mengatakan, Presiden Jokowi masih menjadi orang yang sangat menentukan dalam mengarahkan dukungan pada pemilu 2024 yang saat ini menjadi rebutan antara kubu Prabowo dan Ganjar. 

Dari hasil pemantauan selama satu tahun, Robi menegaskan, Senopati Syndicate akan mengawal pemilu damai 2024 dengan cara, pertama penting untuk melihat pergerakan media dalam memetakan isu-isu yang berpotensi pada ancaman keamanan pada penyelenggaraan pemilu 2024 khususnya hoax dan politik identitas yang mengancam pada disintegrasi bangsa. 

Baca juga : AS Tekan Pengaruh China Di Indo Pasifik

Kedua, komposisi sipil-militer dalam menyeimbang kontestasi untuk pasangan capres-cawapres masih sangat penting dalam konteks politik Indonesia. Dua kubu Prabowo dan Ganjar akan sangat keras dalam kontestasi menuju Pilpres 2024 ini. Dan ketiga, netralitas institusi negara baik perangkat Aparatur Sipil Negara (ASN) dan menjaga sinergitas TNI-Polri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.