Dark/Light Mode

Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Pelatihan Songkok Recca Untuk Warga Bone

Selasa, 27 Juni 2023 11:56 WIB
Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone menggelar pelatihan membuat Songkok Recca di Desa Tanete Harapan, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (26/6). (Foto: Ist)
Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone menggelar pelatihan membuat Songkok Recca di Desa Tanete Harapan, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (26/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka melestarikan budaya, sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone menggelar pelatihan membuat Songkok Recca.

Pelatihan membuat Songkok Recca ini diselenggarakan di Desa Tanete Harapan, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (26/6).

Koordinator Lapangan (Korlap) Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone, Aswar Hamid mengatakan tujuan dari pelatihan ini sengaja dilakukannya agar ikon dari Bone, yakni Songkok Recca tetap eksis di semua kalangan.

“Bagaimana pengembangan ikon Bone, Songkok Recca ini bisa berkembang. Atau berbagai hal kalangan masyarakat ibu-ibu yang bisa melakukan (pembuatan Songkok Recca),” ujar Aswar di lokasi, Senin (26/6).

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan Bagi Warga Bone

Songkok Recca terbuat dari bahan dasar serat pohon lontar yang merupakan pohon khas Sulawesi. Aswar menuturkan bahwa dirinya mempunyai keinginan agar Songkok Recca bisa semakin berkembang terutama di Desa Tanete Harapan.

Paling penting, kata dia, usai adanya pelatihan tersebut warga Desa Tanete Harapan bisa mengenal cara pembuatannya dan kemudian menjadi pengrajin dari Songkok Recca.

“Masyarakat bisa lebih mengenal cara pengrajinan Songkok Recca, bukan hanya melihat dari jadinya saja. Ini bisa mengrajin juga untuk Songkok Recca,” beber Aswar.

Pelatihan Songkok Recca yang diselenggarakan oleh Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone mendapatkan tanggapan positif dari warga Desa Tanete Harapan.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Aksi Kemanusiaan Bagi Pengungsi Timor Timur di Kupang

Ulfa Dila Ulandari salah satu peserta menyampaikan bahwa pelatihan ini memberikan ilmu terutama bagi para warga. Sebab, mereka jadi mengetahui cara membuat Songkok Recca.

“Adanya pelatihan ini kesannya baik sekali, karena bisa menambah ilmu bagi masyarakat yang belum tahu pembuatan Songkok Recca jadi tahu,” ungkap Ulfa.

Dalam kesempatan tersebut, Gerakan Passeddingeng masyarakat Bone juga mensosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden dari PDIP yang bakal maju di Pilpres 2024.

“Kalo respons untuk Pak Ganjar alhamdulillah sangat baik. Dan antusias bagaimana bisa mendukung secara penuh untuk Pak Ganjar menjadi Presiden 2024,” beber Aswar.

Baca juga : Srikandi Ganjar Beri Pelatihan Milenial Menganyam Ketupat

Dukungan Ganjar Pranowo untuk jadi Presiden juga disampaikan warga Desa Tanete Harapan. Mereka siap mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden.

“Semoga Pak Ganjar bisa jadi Presiden di 2024. Kami siap mendukung,” ujar Ulfa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.