Dark/Light Mode

Jelang Iduladha, Santri Ganjar Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Di Jaksel

Minggu, 25 Juni 2023 10:41 WIB
Sukarelawan Santri Dukung Ganjar SDG menggelar pelatihan penyembelihan hewan ini diikuti oleh para jemaah Majelis Taklim Nurul Amanah dan masyarakat di Jalan Gotong Royong 2, Kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (24/6). (Foto: Ist)
Sukarelawan Santri Dukung Ganjar SDG menggelar pelatihan penyembelihan hewan ini diikuti oleh para jemaah Majelis Taklim Nurul Amanah dan masyarakat di Jalan Gotong Royong 2, Kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (24/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) memanfaatkan momentum besar hari raya umat Islam seperti Iduladha untuk terus mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda, tentang tata cara pelatihan penyembelihan hewan secara syariat Islam.

Pelatihan penyembelihan hewan ini diikuti oleh para jemaah Majelis Taklim Nurul Amanah dan masyarakat di Jalan Gotong Royong 2, Kelurahan Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Sabtu (24/6).

Koordinator Nasional (Kornas) SDG Acep Amirudin menyatakan para peserta menyambut baik pelatihan kali ini yang di gelar di majelis taklim Nurul Amanah.

Kami melaksanakan pelatihan penyembelihan hewan kurban di kebayoran Baru. Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Antusias masyarakat dan jemaah Majelis taklim di wilayah ini juga sangat tinggi," ungkapnya.

Acep mengatakan pihaknya menerima aspirasi dari masyarakat Kebayoran Baru untuk memberikan edukasi penyembelihan hewan ini. Karena itu, dia menganggap pelatihan tersebut sangat penting bagi masyarakat. Tidak semua umat Islam pun mengetahui tata cara pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

"Kami mendapat masukan dari masyarakat supaya mengadakan pelatihan penyembelihan hewan kurban. Karena tidak semua muslim mengetahui tata cara sesuai syariat Islam," katanya.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Tenun Tingkat Pemula Di Sumba Barat

Dalam pelatihan tersebut, dijelaskan materi mulai memilih hewan kurban hingga gerakan dan bacaan ketika menyembelihnya. 

"Mulai dari pemilihan hewan kurban, proses menyembelih seperti apa, kemudian apa yang dibaca saat ingin menyembelih itu harus diketahui masyarakat muslim yang akan menyelenggarakan hari raya kurban," ucapnya.

Acep menambahkan pihaknya juga menjelaskan kekhususan bulan Zulhijah bahwa umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan kurban.

"Selain itu, disampaikan bagaimana keutamaan bulan zulhijah ini bahwa ada satu waktu pada umat muslim untuk berkurban, baik kambing sapi atau unta," ucapnya.

Dia mengatakan, dengan adanya edukasi ini, masyarakat menjadi lebih memahami tata cara menyembelih hewan kurban sehingga ke depannya mereka bisa mempraktikkan langsung di lapangan. Bukan hanya itu, para peserta juga diajari cara mengelola pentitipan hewan kurban hingga pendistribusiannya.

"Manfaatnya, pelatihan ini supaya masyarakat tahu bagaimana penyembelihan hewan yang baik.
Masyarakat juga diedukasi bagaimana caranya agar bisa menerima penitipan hewan kurban hingga mendistribusikan hewan kurban kepada masyarakat," ungkapnya.

Baca juga : Pemuda Dan Perempuan Ganjar Gelar Jalan Santai Bareng Warga Di Gowa 

Sukarelawan Santri Ganjar juga memberikan bantuan berupa satu ekor kambing untuk disembelih saat Iduladha kepada Majelis Taklim Nurul Amanah.

"Kami memberikan satu ekor kambing untuk disembelih saat Iduladha kepada majelis taklim ini," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, SDG dan para peserta mendoakan Ganjar Pranowo menjadi presiden Indonesia pada periode 2024-2029.

Sementara itu, Muzakir, peserta pelatihan penyembelihan hewan kurban, menyambut antusias kegiatan yang digelar pendukung Ganjar Pranowo tersebut. "Bagus sekali, kami lebih banyak tahu. Apalagi, kami generasi muda awam soal ini," ujarnya.

Pria 33 tahun itu mengatakan para peserta menerima banyak ilmu agama, khususnya tentang keutamaan bulan Zulhijah hingga penyembelihan hewan kurban secara mendetail. 

"Pelatihan ini membuat kami jadi tahu tentang sunah-sunah dalam Hari Raya iduladha. Dijelaskan juga tata cara penyembelihan hewan, tadi juga dipraktikkan langsung cara menyembelih hewan secara baik dan benar sesuai syariat Islam," ujarnya.

Baca juga : Srikandi Ganjar DIY Gelar Workshop Membuat Lilin Aroma Terapi 

Muzakir berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan di tempat lain agar manfaatnya bisa dirasakan masyarakat luas.

"Semoga relawan SDG makin lancar dan sukses dalam mengadakan kegiatan yang positif bagi masyarakat," katanya.

Dia juga berharap Ganjar Pranowo bisa menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya agar bangsa ini dapat lebih maju.

"Harapannya, Bapak Ganjar dapat menjadi presiden selanjutnya. Semoga Indonesia tambah maju," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.