Dark/Light Mode

Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Tenun Tingkat Pemula Di Sumba Barat

Minggu, 25 Juni 2023 10:38 WIB
Sukarelawan Orang Muda Ganjar OMG Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur NTT mengadakan pelatihan tenun tingkat pemuladi Kel. Maliti, Kec. Waikabubak, Kab  Sumba Barat, NTT, Sabtu (24/6). (Foto: Ist) 
Sukarelawan Orang Muda Ganjar OMG Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur NTT mengadakan pelatihan tenun tingkat pemuladi Kel. Maliti, Kec. Waikabubak, Kab  Sumba Barat, NTT, Sabtu (24/6). (Foto: Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan pelatihan tenun tingkat pemula yang bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan keterampilan tenun bagi masyarakat, khususnya pemuda. 

Koodinator Daerah OMG Kab. Sumba Barat, NTT, Irvan Sidin mengatakan, pelatihan berfokus pada pemberian keterampilan dasar dalam membuat tenun, serta teknik-teknik yang diperlukan untuk menciptakan karya yang berkualitas. 

"Kami mengadakan pelatihan tenun tingkat pemula untuk anak muda agar memiliki kreativitas. Mereka juga bisa mengembangkan apa-apa yang ada dan meneruskan warisan leluhur yang memang harus dipertahankan," kata Irvan usai kegiatan di Kel. Maliti, Kec. Waikabubak, Kab  Sumba Barat, NTT, Sabtu (24/6). 

Menurut Irvan, kegiatan ini merupakan kesempatan emas untuk belajar dan meningkatkan keterampilan dalam bidang tenun, yang merupakan warisan budaya yang berharga bagi daerah mereka.

Baca juga : Pemuda Dan Perempuan Ganjar Gelar Jalan Santai Bareng Warga Di Gowa 

Pelatihan ini juga dapat membantu masyarakat khususnya anak muda agar menjadi ahli dalam merajut tenun, sehingga hasil kerajinan mereka bisa digunakan dan bahkan diperjualbelikan.

"Sehingga ekonomi saat ini bisa terus berjalan, tidak hanya mengharapkan ekonomi dari pertanian maupun dari perdagangan, kita bisa meningkatkan kreatifitas khususnya anak muda," ucapnya. 

Irvan mengemukakan, pelatihan ini sebagai upaya untuk mendukung dan mempromosikan industri tenun di wilayah tersebut. Tenunan dari Kabupaten Sumba Barat terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Dengan mengajarkan keterampilan tenun kepada masyarakat, sukarelawan Ganjar Pranowo itu berharap dapat mempertahankan dan meningkatkan keahlian lokal ini.

Baca juga : Mak Ganjar Tanam Ratusan Pohon Cabe Di Jakarta Barat

"Untuk Sumba Barat maupun Pulau Sumba, kita memiliki tenun yang berkualitas tinggi. Masyarakat sangat antusias sekali (mengikuti pelatihan) karena pelatihan ini jarang sekali dilakukan," pungkas Irvan. 

Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat setempat. Anak muda terlibat aktif dalam kegiatan tersebut, serta merasa senang dan berterima kasih atas upaya yang dilakukan oleh OMG dalam memberikan pelatihan tenun tingkat pemula ini. 

"Sangat menyenangkan dan tadi saya disuruh mempraktekan membuat tenun dan senang dan bisa melakukannya. Saya harapkan tenun Sumba Barat lebih dikenal luas oleh orang-orang dan bisa dilestarikan," ucap seorang anak muda, Fadia. 

Dalam pelatihan, OMG Kab. Sumba Barat menghadirkan pengrajin tenun profesional bernama Nurhayati.

Baca juga : Gus-Gus Ganjar Gelar Tahlil Dan Istigasah Bareng Jemaah Majelis Taklim Di Sidoarjo

Dia berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada peserta pelatihan, membantu mereka memahami langkah-langkah dan proses yang diperlukan dalam menciptakan tenun yang indah. Secara bergantian anak muda diajarkan Nurhayati untuk langsung praktek membuat tenun. 

Selain itu, masyarakat khususnya anak muda juga menyampaikan harapan dan doa agar Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia pada 2024.

Masyarakat memiliki keyakinan bahwa Ganjar akan dapat membawa perubahan yang positif dan berkomitmen untuk memajukan masyarakat serta melestarikan budaya lokal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.