Dark/Light Mode

Peringatan Hari Antinarkotika 2023

Ganjar Milenial Center Ajak Pemuda Jauhi Narkoba

Selasa, 27 Juni 2023 14:15 WIB
Para sukarelawan yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center memperingati Hari Antinarkotika Internasional bersama sejumlah pemuda dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah di wilayah Kecamatan Kedungbanten, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (26/6). (Foto: Ist) 
Para sukarelawan yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center memperingati Hari Antinarkotika Internasional bersama sejumlah pemuda dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah di wilayah Kecamatan Kedungbanten, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (26/6). (Foto: Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Para sukarelawan yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center memperingati Hari Antinarkotika Internasional bersama sejumlah pemuda dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu, mereka mengajak kaum muda menjauhi narkoba melalui Seminar Antinarkoba yang digelar di wilayah Kecamatan Kedungbanten, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (26/6). 

"Acara hari ini adalah seminar memperingati Hari Napza (narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya) Sedunia yang diselenggarakan Ganjar Milenial Center," kata Koordinator Daerah GMC Banyumas, Mochamad Nadif.

Menurutnya, penyalahgunaan narkoba menjadi salah satu penyebab kenakalan remaja dan tindak kriminalitas di Indonesia, termasuk di wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya.

Fenomena itu dibuktikan dengan maraknya pemberitaan di media massa maupun konten media sosial mengenai kasus-kasus kejahatan yang diakibatkan penyalahgunaan narkotika oleh generasi muda.

Baca juga : Atasi Persoalan Pemasaran, Ganjar Mentoring 1.000 Pelaku UMKM Di Nganjuk

Oleh karena itu, Nadif menilai diperlukan adanya upaya untuk mengantisipasi peredaran narkoba dari sesama pemuda, dalam hal ini adalah kelompok sukarelawan GMC Jawa Tengah.

"Tujuannya, untuk memperkenalkan, menyosialisasikan kepada teman-teman pemuda tentang bahayanya narkoba dan sejenisnya. Terus, golongan-golongannya apa, bahaya serta antisipasi untuk anak-anak muda zaman sekarang," tuturnya.

Kegiatan tersebut diisi oleh Hendro, seorang mantan pengguna narkoba yang kini dikenal aktif mengampanyekan gerakan anti narkoba kepada masyarakat luas, terutama generasi muda.

"Alhamdulillah acara hari ini berjalan lancar dan beberapa kalangan dari Badan Eksekutif Mahasiswa maupun beberapa komunitas di Purwokerto ini ikut serta dalam memperingati Hari Napza Sedunia dan teman-teman milenial sangat senang. Ada beberapa yang mengajukan beberapa pertanyaan yang mungkin menjadi salah satu keresahan milenial," ujar Nadif.

Antusiasme peserta kegiatan kali ini dibuktikan dengan jalannya diskusi yang diisi tanya-jawab mengenai bahaya narkoba, cara menangani orang yang kecanduan hingga kaitannya dengan pornografi.

Baca juga : Miller Pede Nguber Ducati

Selain itu, antusiasme para peserta mengikuti kegiatan kali ini juga diakui karena ketertarikan mereka kepada sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sekaligus Calon Presiden 2024 mendatang.

Tak hanya pada kegiatan kali ini, Nadif mengatakan antusiasme yang sama juga terlihat di setiap kegiatan yang digelar oleh GMC Jawa Tengah selama ini. Hal itu menunjukkan dukungan mereka terhadap Ganjar.

"Antusiasmenya sangat luar biasa. Apalagi, Pak Ganjar itu di Jawa Tengah itu menjadi sosok pemimpin yang diidam-idamkan oleh teman-teman pemuda," kata Nadif meyakinkan.

Sementara itu, salah seorang peserta seminar bernama Nihayatun Nurul Khofifah mengaku sengaja datang dari Purwokerto lantaran banyak manfaat yang bisa diambil dalam kegiatan tersebut.

"Luar biasa sangat bagus, menginspirasi dan (memberikan) pelajaran bagi kita generasi muda, generasi milenial yang rentan berdekatan dengan benda terlarang ini. Acara ini membuat kita tahu jenis-jenis narkoba itu apa saja lalu bagaimana dampaknya, bahayanya dan bisa lebih aware terhadap diri sendiri," tuturnya.

Baca juga : Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PHR Jaga Ekosistem Pantai Di Pesisir Riau

Perempuan yang akrab disapa Niha itu berharap Ganjar Pranowo dapat lebih meningkatkan program pencegahan maupun pemberantasan narkoba, apabila ia terpilih menjadi Presiden 2024.

Dia juga berharap GMC Jawa Tengah selaku bagian dari kelompok sukarelawan yang mengusung Ganjar dalam Pemilihan Presiden selanjutnya, dapat terus berkembang pesat ke depannya.

"Semoga organisasi yang dibangun oleh bapak (Ganjar) ini agar lebih pesat, lebih berkembang dan dapat membangun generasi muda menjadi lebih baik dari segi mental, moral maupun prestasinya juga," ujar Niha.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.