Dark/Light Mode

Ganjar Sejati Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban Di Bandung

Jumat, 30 Juni 2023 14:13 WIB
Sukarelawan Ganjar Sejati melaksanakan pelatihan penyembelihan hewan kurban di Ponpes Salafiyah Subussalaam, Kelurahan Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/6). (Foto: Ist) 
Sukarelawan Ganjar Sejati melaksanakan pelatihan penyembelihan hewan kurban di Ponpes Salafiyah Subussalaam, Kelurahan Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/6). (Foto: Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjar Sejati melaksanakan pelatihan penyembelihan hewan kurban di Ponpes Salafiyah Subussalaam, Kelurahan Kujangsari, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (30/6). 

Pengurus Ganjar Sejati Jawa Barat, Ustaz Toni Ardi Musthofa mengatakan para peserta dari berbagai kalangan diajarkan tentang teknik penyembelihan, wawasan mendalam mengenai rukun hingga syarat penyembelihan hewan kurban. 

"Adapun rukun penyembelihan yaitu ada pekerjaan menyembelih, harus ada orang yang menyembelih, harus ada hewannya, harus ada alatnya," ujar Toni di lokasi kegiatan. 

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Salurkan Lebih Dari 1.000 Hewan Kurban Di Seluruh Indonesia

Menurutnya, proses penyembelihan hewan kurban harus dilakukan dengan menghadap kiblat, baik penyembelihnya, maupun hewan kurban sembelihannya, alat yang tajam, membaca doa hingga berselawat kepada Nabi Muhammad SAW.

"Untuk penyembelihan ini bukan perkara yang mudah, sebetulnya kalau kita perdalami dari segitu ilmu itu sangat dalam sekali maknanya," ucap Toni. 

Toni menyatakan pihaknya berkomitmen untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang mendalam dalam menjalankan penyembelihan heean kurban. 

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Gelar Lomba Burung Merpati Di Bandung

Tujuannya adalah agar masyarakat dapat melaksanakan penyembelihan ini dengan benar, menghormati tata cara agama, dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap makhluk hidup.

Seorang peserta, Imam menyampaikan terima kasih kepada sukarelawan Ganjar Sejati karena telah mengadakan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat. 

Menurut Imam, peserta pelatihan mendapatkan pemahaman mendalam tentang pentingnya menumbuhkan sikap rendah hati dan kesabaran dalam menjalankan tugas sebagai penyembelih hewan kurban. 

Baca juga : Ganjar Muda Padjajaran Potong Hewan Kurban Bersama Warga Di Indramayu

Mereka diajarkan tentang nilai-nilai keagamaan yang melandasi ibadah ini, seperti rasa syukur, pengorbanan, dan keikhlasan.

"Alhamdulillah sangat bermanfaat, terutama kalangan generasi Islam, pemuda, milenial untuk melatih tata cara penyembelihan hewan kurban," ucapnya. 

Selain pelatihan penyembelihan, Sukarelawan Ganjar Sejati juga melaksanakan penyembelihan tiga hewan kurban yang dibagikan kepada masyarakat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.