Dark/Light Mode

Ganjar Muda Padjajaran Potong Hewan Kurban Bersama Warga Di Indramayu

Jumat, 30 Juni 2023 11:03 WIB
Ganjar Muda Padjajaran GMP dengan warga di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kompak bergotong royong menyembelih hewan kurban di Desa Kaplongan Lor Kecamatan Karangampel setelah salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6). (Foto: Ist)
Ganjar Muda Padjajaran GMP dengan warga di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kompak bergotong royong menyembelih hewan kurban di Desa Kaplongan Lor Kecamatan Karangampel setelah salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Iduladha menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi antara sukarelawan Ganjar Muda Padjajaran (GMP) dengan warga di Kabupaten Indramayu.

Mereka terlihat kompak bergotong royong menyembelih hewan kurban di Desa Kaplongan Lor Kecamatan Karangampel setelah salat Iduladha 1444 Hijriah, Kamis (29/6).

"Untuk kegiatan hari ini bertepatan dengan momentum Iduladha yang dimana Ganjar Muda Padjajaran melakukan penyembelihan hewan kurban," kata Koordinator Pusat Ganjar Muda Padjajaran (GMP) Randry Adryan Setiawan.

Para sukarelawan Ganjar bersama warga kemudian bergotong royong menguliti dan memotong-potong daging dan bagian tubuh hewan kurban tersebut untuk dibagikan kepada warga di sekitar lokasi.

Baca juga : Saksikan Pemotongan Hewan Kurban, Putin Dapat Kado Al Quran

"Hasil dari penyembelihan hewan itu, bersama warga Desa Kaplongan Lor kami membagikannya kepada masyarakat. Untuk jumlah paketnya itu ada 100 paket yang kami bagikan," ujar Randry.

Menurutnya, penyembelihan hewan kurban memiliki nilai-nilai ibadah sesuai dengan ajaran agama Islam.

Randry mengatakan ibadah tersebut menjadi refleksi dari keteladanan Nabi Ibrahim dan ketulusan Nabi Ismail yang menempatkan kecintaannya kepada Allah SWT di atas segalanya.

Selain itu, penyembelihan hewan kurban juga dinilai dapat meningkatkan gotong royong, kebersamaan dan persatuan seperti yang ditekankan oleh Ganjar Pranowo dalam berbagai kesempatan.

Baca juga : Ojol Ganjar Berbagi Kebaikan Dengan Sembelih Belasan Hewan Kurban Di Banten

"Gotong royong, nilai-nilai kebersamaan, persatuan, yang memang selalu Pak Ganjar gaungkan di beberapa kesempatan. Bahwa, dalam nilai-nilai gotong royong itu ada kebersamaan dan juga persatuan yang harus kita tumbuhkan di tengah keberagaman Indonesia," tuturnya.

Kegiatan tersebut berjalan lancar dan penuh keakraban meskipun sempat diwarnai kejadian salah seekor hewan kurban yang lepas hingga warga harus menangkapnya di tengah sawah.

Warga pun terlihat antusias mengikuti sosialisasi yang dilakukan kelompok sukarelawan GMP mengenai sosok Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024 mendatang.

Setelah berkomunikasi dengan warga setempat, Randry mengakui mereka sudah cukup mengenal Ganjar Pranowo karena kinerjanya yang baik selama menjabat Gubernur Jawa Tengah.

Baca juga : Sahabat Ganjar Bagikan Ratusan Paket Daging Kurban Untuk Warga DKI Dan Depok

"Mereka berharap, Bapak Ganjar bisa menjadi pemimpin Negara Indonesia di 2024 nanti. Dan, dukungannya, mereka siap membersamai Ganjar Muda Padjajaran untuk sama-sama dengan caranya masing-masing mendorong Pak Ganjar sampai menjadi pemimpin di 2024," kata Randry.

Harapan serupa diungkapkan salah seorang pemuda di Desa Kaplongan Lor, Bayu Pramana. Dia juga turut mengapresiasi pemotongan dan pembagian daging hewan kurban kali ini.

Mewakili warga di wilayah tersebut, Bayu mengucapkan terima kasih kepada para sukarelawan GMP dan menyatakan kesiapannya mendukung Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024.

"Harapannya, semoga Pak Ganjar bisa menjadi Presiden 2024 dan bisa memperhatikan rakyat-rakyat yang ada di bawah. Terutama, yang kurang tersentuh (bantuan). Semoga kita bisa sama-sama mendukung Pak Ganjar menjadi Presiden 2024," tutur Bayu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.