Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Usbat Ganjar Edukasi Warga Medan Tentang Manfaat Sehat Gerakan Shalat

Sabtu, 8 Juli 2023 15:01 WIB
Sukarelawan Ustadz Sahabat Usbat Ganjar mengedukasi warga Kota Medan, Sumatera Utara tentang manfaat kesehatan di balik gerakan shalat. (Foto: Ist)
Sukarelawan Ustadz Sahabat Usbat Ganjar mengedukasi warga Kota Medan, Sumatera Utara tentang manfaat kesehatan di balik gerakan shalat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar mengedukasi warga Kota Medan, Sumatera Utara tentang manfaat kesehatan di balik gerakan shalat.

Edukasi dilakukan Usbat Ganjar Medan bersama Majelis Taklim al-Hasyimiyah di Jalan PAM Tirtanadi, Gang Sejahtera, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (7/7) siang.

“Yang kita sampaikan berkaitan dengan gerakan-gerakan shalat yang banyak mengandung manfaat apabila ditinjau dari sisi kesehatan,” kata Koordinator Daerah Usbat Ganjar Medan Muhammad Nizar Nur di lokasi.

Dalam kesempatan itu, Usbat Ganjar Medan menjelaskan satu per satu gerakan shalat beserta hikmah kesehatannya bagi tubuh. Mulai dari berdiri bersedekap, rukuk, i’tidal, sujud, hingga duduk tasyahud.

Baca juga : Santri Ganjar Sosialisasikan Pengelolaan Air Minum Sehat Di Lampung

Saat berdiri bersedekap, jelas Nizar, tubuh mudah memproduksi getah bening dan air jaringan dari persendian tangan. Sehingga gerakan di dalam sendi-sendi bisa lebih lancar dari biasanya.

Sementara gerakan rukuk dalam salat dapat memperlancar peredaran darah. Nizar mengatakan rukuk juga bisa mengatasi beberapa keluhan kesehatan seperti nyeri pinggul, dengkul, telapak kaki, dan tulang belakang.

Pada gerakkan selanjutnya, yaitu i’tidal, bermanfaat sebagai latihan yang baik untuk tubuh karena organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Apabila dilakukan rutin dapat melancarkan pencernaan.

“Kemudian sujud dilihat dari kacamata kesehatan dapat mengoptimalkan atau menormalisasi jantung. Artinya di situ banyak ruang yang mana kerja jantung jadi optimal memompa darah. Ada juga duduk tasyahud untuk mensirkulasi darah,” kata Nizar.

Baca juga : Ganjar Creasi Berikan Ruang Kaum Difabel Untuk Unjuk Kebolehan

Nizar mengatakan edukasi ini diberikan untuk menggugah semangat warga dalam melaksanakan shalat. Sehingga mereka senantiasa memiliki tubuh yang sehat karena rutin menjalankan ibadahnya.

“Jadi ada kesehatan di balik ibadah. Ibadahnya dapat, kesehatan juga dapat. Kalau sudah sehat, insyaallah yang namanya jantung koroner, yang namanya asam urat, ini akan pergi jauh-jauh,” katanya.

Edukasi yang dilakukan pendukung Ganjar Pranowo ini diikuti antusias oleh warga yang hadir. Nizar pun berpesan kepada mereka agar senantiasa menjaga shalat dan kesehatannya.

“Doa kami dan harapan kami di Usbat, setelah kegiatan ini masyarakat Medan senantiasa sehat-sehat selalu. Doa kami agar masyarakat Medan sehat-sehat semua,” katanya.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Gelar Lomba Puisi Dan Teater Bagi Masyarakat Di Kabupaten Ndao

Pembina Majelis Taklim al-Hasyimiyah Agus Rizal mengapresiasi upaya Usbat Ganjar Medan yang konsisten mengajarkan berbagai kebaikan kepada masyarakat. Khususnya hal-hal yang berkaitan dengan ibadah.

“Ini harus banyak disosialisasikan agar masyarakat ini semakin semangat untuk beribadah. Ternyata ibadah itu juga bermanfaat untuk kesehatan pribadi, kesehatan bersama,” katanya.

Selain memberikan edukasi, Usbat Ganjar Medan juga memberikan bantuan berupa pengeras suara, kipas angin, dan tikar. Rizal mengatakan, bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk kegiatan majelis taklim sehari-hari.

“Dengan bantuan yang diberikan kami bisa mengadakan halaqa-halaqa seperti ini. Sangat bermanfaat. Bagi kita yang mengelola majelis taklim, penting untuk menghadirkan kenyamanan kepada masyarakat yang bermajelis. Semoga sehat selalu Usbat Ganjar,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.