Dark/Light Mode

Buka Peluang Kerja dan Usaha, Pemuda Ganjar Adakan Pelatihan Barista Di Jaktim

Senin, 10 Juli 2023 18:19 WIB
Pemuda Mahasiswa Nusantara PMN menggelar pelatihan barista dan penyajian kopi di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Senin (10/7) siang. (Foto: Ist)
Pemuda Mahasiswa Nusantara PMN menggelar pelatihan barista dan penyajian kopi di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Senin (10/7) siang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) menggelar pelatihan barista dan penyajian kopi di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Senin (10/7) siang.

“Kenapa kami malaksanakan pelatihan barista? Kami menganggap bahwa pelatihan barista itu sangat berguna untuk generasi milenial, khususnya pemuda,” kata Koordinator PMN DKI Jakarta-Banten, Yuda di lokasi. 

Menurut Yuda, belakangan barista menjadi salah satu profesi yang banyak digandrungi anak muda. Terlebih sekarang coffee shop bertebaran di mana-mana dan peminat kopi cukup banyak dari berbagai kalangan.

Baca juga : Ganjar Lanjutkan Program Seribu Embung Di Jateng

Oleh karena itu, pemuda pendukung Ganjar Pranowo ini mendorong agar peluang kerja dan usaha bagi para pemuda terbuka seluas-luasnya. Sehingga pelatihan tersebut diharapkan menjadi bekal praktek dan keilmuan bagi mereka.

“Kami memberikan bekal kepada mereka agar mereka bisa mempunyai soft skill dalam mengolah kopi. Sehingga ke depannya pemuda-pemuda ini akan mendapatkan ruang berwirausaha. Minimal mereka mempunyai bekal,” kata Yuda.

Dalam pelatihan tersebut, para pemuda diajarkan teori seputar kopi dan penyajiannya oleh praktisi profesional. Mereka juga berkesempatan memproduksi minuman kopi secara langsung dengan menggunakan mesin sederhana.

Baca juga : Mardiono Hadiri Pengukuhan Dan Bimtek Relawan Pemenangan Caleg PPP Di Jakarta

Hal itu mengunggah antusiasme para peserta pelatihan barista. Sehingga sesi praktek dan teori diwarnai dengan diskusi dan tanya-jawab.

“Mereka sangat antusias, apalagi saat dijelaskan soal praktek pembuatan kopi. Mereka juga ada harapan, ke depan mau membuka coffee shop,” kata Yuda.

Yuda mengatakan, pihaknya berkomitmen menggelar kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi para pemuda di berbagai daerah. Yuda pun berharap pemuda Indonesia semakin terampil dengan bakat-bakat dan skill yang dimiliki.

Baca juga : Pandawa Ganjar Gelar Pelatihan Desain Grafis Bagi Anak Muda Papua Di Jaksel

“Semoga ke depannya semakin konsisten mengembangkan ilmu yang telah diberikan. Semoga ke depan mereka juga bersama-sama menebarkan manfaat kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan bernama Muntaha (20) berterima kasih kepada PMN. Muntaha menyebut ada banyak ilmu yang didapat untuk lebih mengenal produksi minuman kopi.

“Kalau menurut saya pribadi lebih mengenal cita rasa kopi itu sendiri. Terus gimana cara kita berbisnis di bidang kopi ini. Terus saya juga jadi tahu esensi kita menikmati kopi itu apa. Pasti akan saya terapkan ilmu ini untuk usaha saya sendiri,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.