Dark/Light Mode

ILUNI SIL UI: Kampanye Lingkungan Harus Semakin Masif

Minggu, 16 Juli 2023 14:55 WIB
Ketua Umum ILUNI SIL UI Mahawan Karuniasa (Foto: Istimewa)
Ketua Umum ILUNI SIL UI Mahawan Karuniasa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Alumni Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (ILUNI SIL UI) Mahawan Karuniasa mengajak semua pihak memasifkan kampanye lingkungan untuk membangun kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat agar ramah lingkungan. Hal ini disampaikan Mahawan, seusai mengikuti BNI UI Half Marathon.

Dia menerangkan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui UNEP menyampaikan bahwa perubahan sosial tidak cukup untuk meningkatkan kampanye lingkungan. "Dibutuhkan perubahan sosial cepat (rapid transformation of societies)," ucapnya, seperti keterangan yang diterima RM.id, Minggu (16/7).

Baca juga : Nelayan Ganjar Edukasi Alat Tangkap Ramah Lingkungan Kepada Nelayan Di Makassar

Dia melanjutkan, perubahan sosial cepat ini menjadi syarat, setidaknya dalam menghadapi perubahan iklim yang diperkirakan akan menembus kenaikan 1,5 derajat celsius pada lima tahun mendatang. "Tentu kenaikan ini berdampak serius berbagai aspek kehidupan, termasuk kelangkaan air dan pangan, serta meningkatnya potensi penyakit menular," terangnya.

Dia lalu berbicara mengenai tingginya percemaran lingkungan. Menurutnya, pencemaran ini berdampak besar kepada warga, terlebih di Jakarta.

Baca juga : Ganjar Milenial Kampanyekan Lingkungan Lewat Penanaman Satu Juta Pohon

"Jika polusi udara Jakarta kembali pada level tahun 2019 sebelum Covid-19, maka umur harapan hidup penduduk Jakarta terpangkas lebih dari 5 tahun. Ini salah satu contoh seriusnya dampak kerusakan lingkungan," ungkap Mahawan.

Half Marathon di UI yang diselenggarakan ILUNI UI bekerja sama dengan BNI antara lain bermaksud mengkampanyekan lingkungan kampus hijau dan gaya hidup sehat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.