Dark/Light Mode

Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Apartemen Transit

Selasa, 18 Juli 2023 20:34 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Apartemen Transit bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Selasa (18/7/2023).

Apartemen Transit diutamakan untuk masyarakat yang berprofesi sebagai buruh dan pekerja sektor informal seperti pedagang kecil, dan profesi dengan penghasilan rendah lainnya.

Kehadiran Apartemen Transit merupakan komitmen Pemdaprov Jabar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca juga : Amankan Suara, Relawan Anies Siapkan 2,4 Juta Saksi

"Untuk sejahtera caranya dua, naik upah atau turun pengeluaran. Tidak selalu harus naik upah karena ada hal-hal makro ekonomi yang harus kita perhatikan," ujar Ridwan Kamil.

Selain Apartemen Transit, Pemdaprov Jabar terus berupaya melalui berbagai program agar masyarakat berpenghasilan rendah terjamin kesejahteraannya.

Salah satu program yang akan dihadirkan adalah hunian yang jaraknya dekat dengan kawasan industri (pabrik) dengan konsep 'Three in One'.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ingatkan PNS Jaga Benteng Integritas Dan Profesional

"Di masa depan kita sedang mengembangkan rusun yang nempel ke pabrik.Tanahnya disediakan oleh pelaku industri, pembangunannya dari REI (Real Estate Indonesia), kemudian jualannya kepemilikan bisa langsung ke buruh-buruh yang (kerja) di situ," jelas Ridwan Kamil.

Apabila konsep itu berjalan, Gubernur yakin pekerja berpenghasilan rendah akan meningkat kesejahterannya.

"Sehingga ini sebuah penghematan pengeluaran bulanan. Ujung-ujungnya kesejahteraan warga bisa meningkat khususnya buruh, yang selama ini di Indonesia hampir 30 persen pengeluaran (masyarakat) habis oleh transportasi, beli motor, nyicil motor, beli bensin, dan lain sebagainya," ungkap Ridwan Kamil.

Baca juga : Ridwan Kamil Dampingi Presiden Tinjau Renovasi Stadion Si Jalak Harupat

"Nah, konsep 'Three in One', tinggal di sana, kerja di sana, berekreasi di satu tempat itu menjadi unggulan," kata Ridwan Kamil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.